Prajurit TNI Batalyon Kavaleri 4/KC Latih Kemampuan Tempur Gunakan Armoured Personnel Carrier Simulator

oleh -
Prajurit TNI Batalyon Kavaleri 4/KC Latih Kemampuan Tempur Gunakan Armoured Personnel Carrier Simulator

BANDUNG – Batalyon Kavaleri (Yonkav) 4/Kijang Cakti melaksanakan latihan melalui Armoured Personnel Carrier (APC) Simulator, M 113A1 produksi anak bangsa yang dilaksanakan di Makoyonkav 4/KC, Jalan Salak No. 2 Kota Bandung, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di Kantor Pendam III/Slw, Jalan Aceh No.69, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022).

Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan bahwa mengoperasikan kendaraan lapis baja (Tank) pengangkut personil bukanlah hal mudah. Selain harus mengendalikan kendaraan juga harus menjamin keamaan pasukan yang dibawa untuk diantar ke garis misi pertempuran.

“APC Simulator M113A1 diciptakan untuk melatih anggota militer dalam rangka mengemudi Kendaraan Tempur (Ranpur), sehingga pada saatnya nanti bisa siap untuk mengemudi Ranpur yang sebenarnya,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto bahwa dengan APC Simulator M113A1, sebelum melaksanakan latihan para prajurit diberi pengarahan secara teori tentang penggunaan alat tersebut dari awal hingga mengerti.

Kemudian para prajurit melihat simulator yang dilakukan oleh team peraga dan kemudian mencoba baik secara perorangan hingga mencoba seluruhnya. Diakhir kegiatan tersebut, dilaksanakan evaluasi, bagi yang tidak memenuhi syarat kemampuan simulator M113A1, mereka akan diulangi kembali hingga mendapat kategori nilai lulus.

“Jadi, latihan dengan APC Simulator M113A1 ini untuk pelatihan dan meningkatkan kualitas para prajurit sebagai pengemudi kendaraan tempur yang professional,” tegasnya.

Terpisah, Danyonkav 4/KC Mayor Kav Yerri Bagus Merdianto mengatakan, dengan adanya APC Simulator M113A1 di Yonkav ini dalam melaksanakan latihan, dapat mengurangi risiko kecelakaan baik materiil maupun korban personel, dan dapat digunakan dalam setiap waktu, baik kondisi hujan, cuaca buruk sehingga pengemudi dapat mengemudikan kendaraannya dalam keadaan aman.

Diharapkan dengan adanya APC Simulator M113A1 hasil inovasi anak bangsa ini dapat digunakan oleh satuan-satuan agar menggunakan APC Simulator, sebelum mengemudikan Ranpur tentunya hal ini guna mendukung tugas pokok maupun tugas operasi lainnya, pungkasnya.****

Comments

comments