Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Laksanakan Komsos Citarum Harum Sambil Bagikan Masker Kepada Warga

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Laksanakan Komsos Citarum Harum Sambil Bagikan Masker Kepada Warga

KAB. SUMEDANG,- Pada masa pandemi covid-19 saat ini, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang tetap konsisten menjalankan tugas untuk membersihkan sungai dan mengembalikan ekosistem di DAS Citarum sesuai dengan amanat Perpres No.15 tahun 2018.

Salasatu upaya yang rutin dilaksanakan adalah kegiatan komsos (komunikasi sosial) kepada warga masyarakat secara door to door untuk mengajak warga bersama-sama menyukseskan program Citarum Harum dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15:Sumedang tentunya tidak akan pernah bosan dalam menjalankan tugas sesuai perintah dan arahan dari Komandan Sektor 21 Bapak Kolonel Inf Yusep Sudrajat, yang salasatunya adalah mengajak dan merubah perilaku masyarakat melalui kegiatan komsos dan karya bhakti,” kata Serka Eri Krisyana, Kamis (9/4/2020).

“Tujuannya agar warga masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya terutama di daerah aliran sungai,” kata Serka Eri Krisyana, Kamis (9/4/2020).

Namun tugas anggota Satgas Citarum yang setiap hari berbaur dan bersentuhan dengan masyarakat ini, kini harus mengikuti prrosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ya, kami sekarang melakukan physical distancing dalam bertugas dan sesering mungkin mencuci tangan selama berkegiatan dengan menggunakan masker,” terang Serka Eri Krisyana.

“Pada momen kegiatan komsos juga kami ikut menyampaikan kepada warga agar berperan aktif mencegah dan menghindari penyebaran virus corona ini,” ungkapnya.

Diterangkan lebih lanjut oleh Serka Eri, “Hari ini kita sampaikan di Desa Sindangpakuon RW 07 sanbil membagikan masker kepada warga,” terangnya.

“Kita juga menyarankan kepada warung untuk menyediakan tempat mencuci tangan, agar tangan pembeli sudah bersih saat memilih-milih makanan atau barang yang dipegangnya,” harap Serka Eri.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya sosialisasi kepada masyarakat oleh banyak pihak terkait dengan Covid-19, terutama dalam menjaga pola hidup sehat dapat menghindarkan warga masyarakat terpapar oleh virus yang kini sedang mewabah di tanah air ini,” pungkasnya.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang Bersihkan Bantaran Sungai Cibeusi

Pada kegiatan sebelumnya, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan pembersihan daerah aliran Sungai Cibeusi di Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor.

Sasaran yang dilaksanakan adalah pembersihan semak dan tanaman liar.

“Kita membersihkan sepanjang kurang lebih 200 meter Sungai Cibeusi di Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor,” kata Serka Eri Krisyana.

“Sampah tanaman liar dan ranting yang terkumpul sekitar 200 Kg,” ungkapnya.

“Kami juga pada kesempatan ini mengajak warga masyarakat untuk ikut merawat dan menjaga kebersihan sungai untuk menjauhkan kita dari sumber-sumber penyakit,” ujarnya.

Comments

comments