Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 Angkat Sampah dan Sedimentasi di Sungai Citarik Kampung Lembang Bagus Solokanjeruk

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 Angkat Sampah dan Sedimentasi di Sungai Citarik Kampung Lembang Bagus Solokanjeruk

KAB. BANDUNG – Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17/Solokanjeruk melaksanakan giat rutin pembersihan daerah aliran sungai guna meminimalisir timbulan sampah dan sedimentasi.

Kegiatan selepas apel pengecekan personil dan materil ini, pada hari, Jumat (10/12/2021), personel TNI Satgas Citarum bersama warga pelopor kebersihan langsung menyasar daerah aliran Sungai Citarik yang berada di Kampung Lembang Bagus RT 01 RW 10 Desa Padamukti, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.

“Hari ini, kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 melaksanakan kegiatan pembersihan di aliran Sungai Citarik, tepatnya di sekitar jembatan Kampung Lembang Bagus RT 01 RW 10, Desa Padamukti,” kata Serma Agus Sumarna.

Sebelum dibersihkan, tampak di lokasi pekerjaan terdapat timbulan sampah dan sedimentasi yang menyangkut di tiang jembatan.

“Iya, kami menyasar sampah yang menyangkut di tiang jembatan ini agar kondisinya bersih dan tidak mengganggu aliran air. Sebagai antisipasi musim penghujan yang volume airnya cukup tinggi,” terang Agus Sumarna.

Sampah yang dikumpulkan pada kegiatan karya bhakti tersebut tidak kurang dari 27 karung yang selanjutnya dibawa ke TPS.

Usai kegiatan pembersihan daerah aliran sungai, dilanjutkan dengan patroli sungai di sekitar Desa Solokanjeruk Jl Raya Rancaekek-Majalaya Km 03 s.d 07 Kecamatan Solokanjeruk, untuk memonitor jika ada timbulan sampah dan limbah industri. Kemudian komunikasi sosial (komsos) kepada warga di sekitar daerah aliran sungai terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sungai dari sampah agar tidak terjadi banjir di saat hujan yang di akibatkan sampah yang di buang sembarangan ke sungai.

Comments

comments