Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 Pantau Progres Pembangunan Sanimas SPALDT

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 Pantau Progres Pembangunan Sanimas
Progres pembangunan sarana Sanimas SPALDT di Kampung Sagatan RT 03 RW 08, Desa Mekar Laksana, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. Rabu (26/5/2021).

KAB. BANDUNG,- Personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 cek progres pembangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat) atau yang dikenal dengan sebutan septictank komunal/IPAL Domestik komunal program Citarum Harum tahun 2021 dari PUPR.

Proyek yang dilaksanakan secara swadaya masyarakat ini berada di sejumlah titik lokasi yang meliputi 6 titik di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Cicalengka, Kecamatan Cikancung dan Kecamatan Nagreg yang aliran sungainya bermuara ke DAS Citarum.

Pembangunan septictank komunal tersebut, sebagai salasatu bentuk percepatan pengendalian pencemaran di lingkungan DAS Citarum, termasuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Hari ini kami mengecek progres pekerjaan sarana Sanimas yang ada di sejumlah desa,” kata Serma Samsudin, Rabu (26/5/2021).

“Rata-rata pembangunannya sudah mencapai 25 persen,” tambahnya.

Insya Allah, kami akan terus awasi pembangunannya agar berjalan dengan lancar sesuai ketentuannya sampai rampung dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Serma Samsudin.

Dikatakan oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin sebelumnya bahwa pihaknya akan senantiasa mengawasi dan membantu pekerjaan masyarakat terkait dengan peningkatan kualitas lingkungan sungai dan masyarakat.

“Tentunya kami siap membantu untuk suksesnya pembangunan Sanimas ini yang manfaatnya sangat penting bagi masyarakat, selain untuk meningkatkan kesehatan masyarakat juga meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya pada lingkungan,” kata Dansektor 21.

Adapun desa yang saat ini sedang membangun sarana Sanimas ini antara lain Desa Mekar Laksana, Desa Margaasih, Desa Dampit, dan Desa Narawita. ****

Comments

comments