Satgas Citarum Sektor 21 Sub 07 Cisangkuy Cek IPAL PT SUM

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 07 Cisangkuy Cek IPAL PT SUM

BANDUNG,- Personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07 laksanakan giat pengecekan ke IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) PT Surya Usaha Mandiri (PT SUM) di Banjaran, Kabupaten Bandung.

Pengecekan ini dilaksanakan sebagai salasatu bentuk pengawasan terhadap industri yang berpotensi membuang limbah cair ke aliran sungai.

“Kami melaksanakan kegiatan sidak ke industri untuk mengecek langsung proses pengolahan limbah dan hasilnya,” kata Serma Andri Hari Irawan yang baru bertugas di Sektor 21 Subsektor 07, (28/6/2021).

“Ya, harapan kami agar perusahaan yang memiliki IPAL, di wilayah tugas kami khususnya, agar konsisten dan menjaga komitmennya untuk menyukseskan Citarum Harum dengan tidak mencemari sungai,” tambahnya.

Pada kegiatan pengecekan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07 ke PT SUM, didampingi staf manajemen, Dandi, tampak hasil olahan limbah kondisinya berwarna jernih dan ada ikan hidup di bak indikator outlet.

Satgas Citarum juga menelusuri pembuangan hingga ke outfall untuk memastikan tidak ada saluran siluman dari perusahaan tersebut.

“Alhamdulillah, pada pengecekan hari ini, kondisi hasil olahan limbah PT SUM warnanya bersih dan tidak berbau. Mudah-mudahan kondisi tersebut bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Serma Andri.

Diterangkan oleh Serma Andri lebih lanjut, bahwa pihaknya akan senantiasa mengawasi potensi limbah industri yang dibuang ke aliran sungai oleh perusahaan yang tidak bertanggungjawab.

“Sesuai perintah dari Dansektor 21 Satgas Citarum, Kolonel Arm Nursamsudin, kami akan terus awasi aliran Sungai Cisangkuy ini agar tidak tercemari oleh limbah industri,” tegasnya.

Outfall PT SUM, Banjaran.

Comments

comments