Satgas Citarum Sektor 21 Lagadar Kikis Sedimentasi Dan Tanaman Liar Di Aliran Anak Sungai Cimahi

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Lagadar Kikis Sedimentasi Dan Tanaman Liar Di Aliran Anak Sungai Cimahi

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11/Lagadar melaksanakan giat korve mengikis sedimentasi dan mengangkat tanaman liar bersama warga pelopor kebersihan di aliran anak Sungai Cimahi.

Kegiatan dengan menggunakan peralatan manual tersebut, guna meminimalisir hambatan dan penyempitan aliran sungai.

Tampak sedimentasi yang sudah cukup tebal di badan air tersebut ditumbuhi oleh tanaman liar dan rumput.

“Kita Sektor 21 Satgas Citarum Subsektor 11/Lagadar bersama dengan warga pelopor, membersihkan aliran anak Sungai Cimahi di Kampung Jalan Cagak RT 02 RW 04, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih,” jelas Serma Jamroni, Senin (6/7/2020).

“Kegiatannya adalah melaksanakan pengangkatan sedimentasi pasir dan tanah di badan air serta tanaman liar,” terangnya.

Panjang sedimentasi yang dibersihkan kurang lebih 20 meter.

Alhamdulillah, hingga akhir kegiatan hari ini sebagian besar sedimentasi berhasil diangkat dan sampah tanaman liar dan juga sampah permukaan yang terkumpul sekitar 180 Kg,” ungkap Serma Jamroni.

Usai kegiatan korve dan ishoma, anggota satgas melaksanakan kegiatan komsos rutin kepada warga masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai.

“Kita kali ini melaksanakan komsos kepada warga di Kampung Jalan Cagak ini.  Tentunya kita mengajak warga supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan cara menghijaukan kembali bantaran sungai,” ungkap Serma Jamroni.

Ia pun mengajak warga yang dikunjunginya untuk menjadi bagian jaring informasi dalam pengawasan bilamana menemukan ada aliran limbah industri atau oknum warga yang kedapatan membuang sampah ke aliran sungai.

[St]

Comments

comments