KSM Walatra Siap Bangun TPS3R Citarum Harum Di Desa Raharja Tanjungsari

oleh -
KSM Walatra Siap Bangun TPS3R Citarum Harum Di Desa Raharja Tanjungsari
Ginarto, Ketua KSM Walatra Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, saat menyampaikan keterangannya kepada awak media, Selasa (7/7/2020).

KAB. SUMEDANG, sorotindonesia.com,-  Dalam waktu dekat Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, akan memiliki fasilitas TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Walatra Desa Raharja, Ginarto, didampingi sekertaris KSM Walatra, Wawan, kepada awak media saat dikunjungi oleh Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 dalam rangka pengecekan lokasi, Selasa (7/7/2020).

“Tanggal 11 Juli 2020, rencananya kami akan mulai membersihkan lahan bakal TPS3R di RT 02 RW 03 Desa Raharja, alhamdulillah, lahan tersebut berasal dari hibah masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Luas lahan yang disiapkan sekitar 300 meter persegi,” ungkap Ginarto.

“Bila sudah jadi, insya Allah, pengelolaannya akan bekerjasama dengan pesantren,” tambahnya.

Terkait fasilitas sarana TPS3R yang didapat dari program Citarum Harum PUPR ini, dikatakan oleh Ginarto, “Kami tentunya menyambut baik, mudah-mudahan berjalan dengan lancar. Dampak ekonominya bisa bermanfaat, karena sampah ada hasil pengolahannya. Seperti kompos, magot dan lain sebagainya,” ujar Ginarto.

Ditambahkannya, “TPS3R yang dibangun akan dilengkapi mesin pencacah, ayak, dan kompos. Sementara akan melayani 400 KK, karena kapasitas perharinya kurang lebih 3 kubik sampah organik,” sebut Ginarto yang setelah pembangunan akan dikelola oleh KPP.

Terpisah, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15, Serka Eri Krisyana, kepada awak media mengatakan, “Untuk pelaksanaan pembuatan TPS3R mudah-mudahan nanti berjalan lancar dan memang harapan kita semuanya warga berperan aktif juga di dalamnya,” ucapnya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan pembangunan TPS3R dan juga Sanimas Citarum Harum itu dapat segera selesai, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh warga,” harapnya.

Dijelaskan oleh Serka Eri Krisyana, “TPS3R yang dibangun di wilayah Subsektor 15/Sumedang saat ini ada 12 lokasi yang berada di tiga kecamatan. Kecamatan Cimanggung, Kecamatan Pamulihan dan Kecamatan Tanjungsari. Sedangkan Sanimas (septictank komunal) ada 12 lokasi yang berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Pamulihan,” jelasnya.

“Kita mendapat tugas dari Komandan Sektor 21 untuk mengawasi pelaksanaannya agar tertib dan lancar, Alhamdulillah, selama ini dalam proses sosialisasi hingga ke pelaksanaan pembangunan tidak ada masalah. Terimakasih atas sinergitas warga masyarakat dan pemerintah untuk program yang bertujuan guna kebaikan bersama,” kata Serka Eri Krisyana.****

Comments

comments