Satgas Citarum Sektor 21 Bagikan Sembako Bagi Warga Masyarakat

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Bagikan Sembako Bagi Warga Masyarakat
Ketua Harian Satgas Citarum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim, yang juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, membagikan bantuan bahan pokok kepada warga yang berada di Sektor 21, Kota Cimahi, Rabu (6/5/2020).

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Satgas Citarum Sektor 21 mengadakan giat bhakti sosial membagikan bantuan paket bahan pokok kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Rabu (6/5/2020).

Bantuan paket bahan pokok tersebut berasal dari CSR beberapa perusahaan antara lain seperti Gistex dan Rumah Mode serta Yayasan Tzu Chi yang disalurkan melalui Satgas Citarum.

Pembagian kepada warga masyarakat di wilayah Sektor 21 ini, pada hari pertama dipusatkan di Baros, Kota Cimahi, yang penyerahannya secara simbolis langsung diserahkan oleh Ketua Harian Satgas Citarum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim yang juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, didampingi Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, Rabu (6/5/2020).

Tampak pembagian bantuan bahan kebutuhan pokok tersebut berjalan dengan tertib dengan menerapkan physical distancing dan penggunaan masker.

Dijelaskan oleh Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim disela kegiatan kepada wartawan bahwa bantuan yang disalurkan kepada warga masyarakat tersebut berasal diantaranya dari partisipasi beberapa perusahaan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

‘Kami, Satgas Citarum mendapat kepercayaan untuk membantu membagikan bahan pokok dari beberapa perusahaan, diantaranya Gistex, Rumah Mode dan Yayasan Budha Tzu Chi kepada warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang berada di DAS Citarum,” jelasnya.

“Prioritas pertama saat ini adalah warga masyarakat sekitar wilayah Bandung Raya, kedepannya, ke Sektor lainnya. Bertahap dan berkelanjutan,” terang Dedi Kusnadi Thamim.

Diungkapkan oleh Dedi Kusnadi Thamim bahwa partisipasi dari perusahaan hingga sekarang sudah sekitar 10 ribu paket bahan pokok, selain bantuan APD dan alat kesehatan bagi rumah sakit- rumah sakit rujukan covid-19 di Jawa Barat.

“Tiap Sektor sekarang diberikan amanah untuk membagikan 150 paket,”¬† terangnya lagi.

Dedi Kusnadi Thamim juga mengingatkan kepada warga masyarakat agar mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait percepatan penangan dan penanggulangan covid-19 ini.

“Selain pemerintah, masyarakat untuk turut berperan aktif melawan penyebaran covid-19 ini. Caranya, ikuti aturan-aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah,” ujarnya sambil menekankan warga masyarakat untuk tidak mudik, juga belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

“Sekarang pemberlakuan PSSB Jawa Barat, harapan kita bersama kondisi ini tidak berkepanjangan,” harapnya.

Terpisah, Taufik selaku warga penerima bantuan ini saat dimintai tanggapannya oleh wartawan menyebutkan, “Alhamdulillah, ada kepedulian dan kegiatan semacam ini, saya rasa harus lebih banyak lagi yang peduli, karena ini sangat membantu masyarakat, apalagi kondisi ekonomi sekarang menyebabkan kita masyarakat banyak yang kesulitan,” sebut warga yang tinggal di RW 07 Baros ini.

Dansektor 21 Satgas Citarum Bagikan Bantuan Di Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Setelah pembagian bantuan bahan pokok di Kota Cinahi, selanjutnya pembagian dilanjutkan ke wilayah Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Kamis (7/5/2020).

Sama halnya dengan di Kota Cimahi, pembagian di Pameungpeuk ini juga diserahkan kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan dan belum menerima bantuan dari pemerintah berdasarkan informasi yang diberikan oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Pembagian di Pameungpeuk ini dilaksanakan di kediaman Dansektor 21 di Desa Bojongkunci, Kecanatan Pameungpeuk.

“Satgas Citarum Sektor 21 hari ini melanjutkan kegiatan kemarin, pembagian bahan pokok kepada masyarakat terdampak Covid-19. Tepatnya di Jalan Doton, Kecamatan¬† Pameungpeuk, Kabupaten Bandung,” jelas Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Diterangkan oleh Kolonel Yusep, “Kita mendapatkan 150 paket bahan pokok untuk dibagikan. 85 paket dibagikan di Cimahi dan selebihnya disini,” terangnya.

“Warga yang menerima berdasarkan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, sehingga diharapkan lebih tepat sasaran,” kata Kolonel Yusep sambil meminta kepada masyarakat yang mampu untuk bisa membantu warga yang kurang mampu pada kondisi saat ini.

Salaseorang warga penerima bantuan, Yani Srimulyani (43), mengaku bersyukur bisa mendapatkan paket bahan pokok berisi beras dan minyak goreng tersebut.

“Ya, saya bersyukur dan ucapkan terimakasih ke Satgas Citarum Pak Yusep atas bantuannya ini,” ucap Yani.

Ia juga mengungkapan selama ini belum mendapat bantuan dari pemerintah. “Suami saya tadinya supir taxi di Buah Batu, tapi sejak ada wabah virus corona, suami saya off. Begitu juga anak sudah dirumahkan dari perusahaannya,” ungkap warga Kampung Sukamanah RW 03 Desa Bojongkunci ini kepada wartawan.

[St]

Comments

comments