Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub 16 Bersama Warga Pelopor Kebersihan Angkat Sampah Di Permukaan Sungai Cibodas

oleh -
Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub 16 Bersama Warga Pelopor Kebersihan Angkat Sampah Di Permukaan Sungai Cibodas

KAB. BANDUNG,- Antisipasi kebersihan di daerah aliran sungai, personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 melaksanakan giat rutin korve bersama warga pelopor.

Sasaran korve pada kali ini adalah di daerah aliran Sungai Cibodas yang berada di Kampung Kebon Kalapa, Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka. Kegiatannya adalah pengangkatan sampah permukaan dan pembersihan bantaran sungai.

“Hari ini, kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 melaksanakan kegiatan pembersihan bantaran Sungai  Cibodas di Kp.Kebon Kelapa RT 03 RW 06, Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka,” jelas Pelda Bernando Cavio, (21/9/2021).

Korve yang dilaksanakan selepas apel pengecekan personil dan materil ini, menyasar sekitar 70 meter panjang sungai, menggunakan peralatan sederhana seperti antara lain cangkul, garpu, dan gaco.

Alhamdulillah, pada kegiatan hari ini, sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 100 kg. Timbulan sampah dan tanaman liar yang dibersihkan ini berpotensi mengganggu dan menghambat aliran sungai,” terang Bernando.

Kondisi aliran Sungai Cibodas di Kampung Kebon Kalapa, Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, setelah dibersihkan.

Ia pun berharap kepada warga yang tinggal di sekitar daerah sungai untuk terus meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya untuk berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan dan aliran sungai.

“Ya, harapan kami, warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai untuk turut berperan aktif menjaga lingkungan tetap bersih dan mengelola sampahnya dengan baik agar kita tetap sehat, sesuai dengan cita-cita Citarum Harum. Terlebih saat ini memasuki musim penghujan,” harap Bernando.

Usai kegiatan korve dan isoma, personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 melaksanakan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada warga di Kampung Warung Peuteuy RW 02, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, untuk menyampaikan pesan Citarum Harum dan mengajak warga meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

[St]

Comments

comments