Responsif, Dansektor 21 Satgas Citarum Turunkan Dump Truk Bantu Atasi Sampah Liar Di Bantaran Sungai Ciwidey Desa Sukajadi Soreang

oleh -
Responsif, Dansektor 21 Satgas Citarum Turunkan Dump Truk Bantu Atasi Sampah Liar Di Bantaran Sungai Ciwidey Desa Sukajadi

KAB. BANDUNG – Keberadaan timbulan sampah liar di bantaran Sungai Ciwidey, Kampung Cukanghaur RT 02 RW 17, Desa Sukajadi , Kecamatan Soreang, yang menggunung dan mengancam keindahan aliran sungai yang menjadi salasatu ikon wisata di Kabupaten Bandung, direspon cepat oleh Komandan Sektor 21 Satgas Citarum, Kolonel Arh Wahyu Jiantono.

Hal tersebut tampak pada kegiatan karya bakti yang dilaksanakan pada hari, Sabtu (21/5/2022), yang melibatkan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12, Pemdes Sukajadi, komunitas Jurig Runtah, BBBS Kecamatan Soreang, Bale Bambu.

Pada kegiatan tersebut, Sektor 21 Satgas Citarum turut menurunkan satu unit armada dump truk untuk mengangkut sampah ke TPA.

Kegiatan yang dipimpin oleh Dansubsektor 21-12 Serka Eri Krisyana ini, sebagai tindak lanjut aksi sebelumnya pada tanggal 18 Mei 2022.

Tampak peserta karya bakti antusias membersihkan sampah yang berada di sekitar aliran sungai dan jalan serta sekitaran jembatan.

Menariknya, selama kegiatan, personel TNI Satgas Citarum memergoki sejumlah warga yang membuang sampah di luar TPS dan langsung dikenakan sanksi ringan push up serta diberi pengarahan agar kedepannya lebih bertanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan.

Hal tersebut sebagai bukti bahwa pola pikir dan kebiasaan sebagian masyarakat yang belum sadar dan berpihak pada cita-cita bersama untuk membangun lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami Sektor 21 Satgas Citarum tetap berkomitmen untuk membantu pemerintah dan mengatasi permasalahan sampah yang berpotensi mengganggu dan mencemari aliran sungai,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arh Wahyu Jiantono.

“Satgas Citarum ini berkerja bersama masyarakat, jadi terimakasih kepada masyarakat yang telah partisipatif. Minimal masyarakat khususnya di Desa Sukajadi dan Desa Cikoneng bisa membantu dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pesan Kolonel Wahyu.

Personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 sendiri akan melanjutkan kegiatan karya bakti pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022.

Wisnu, Ketua komunitas Jurig Runtah yang turut terjun pada kegiatan karya bakti tersebut mengatakan bahwa sosialisasi kepada warga masyarakat harus terus menerus dilaksanakan oleh pemerintah desa dan aparat terkait.

H. Wisnu, Ketua Komunitas Jurig Runtah.

“Minimal kepada warga disampaikan sosialisasi berkelanjutan bagaimana mengelola sampah dengan benar mulai dari sumber,” ujar pegiat yang tanpa pamrih rutin terjun dan berkeliling khususnya di wilayah Kabupaten Bandung untuk kegiatan mengurangi sampah liar.

Sedangkan warga sekitar, Odang (46), mengapresiasi adanya kegiatan karya bakti bersama Satgas Citarum di bantaran Sungai Ciwidey di Desa Sukajadi.

“Ya, adanya tumpukan sampah disini pastinya sangat tidak enak dipandang. Tapi di sekitar rumah tidak ada tempat sampah, sehingga saya juga ikut membuang sampahnya kesini, karena belum ada pengelola khusus yang mengambil sampah dari rumah ke rumah,” ungkap Odang.

“Saya juga senang sekarang ada kegiatan bersih-bersih disini. Mudah-mudahan kedepannya warga disini kesadarannya meningkat dan membuang sampahnya ke bak sampah itu (sambil menunjuk bak sampah di sekitar lokasi karya bakti),” tutup Odang.

Senada dengan itu, H. Tatang, juga berharap kedepannya warga bisa kompak tidak membuang sampah sembarangan.

“Sampah yang menumpuk ini jelas mengganggu,” ujarnya.

“Saya biasanya membuang sampah ke bak dan langsung dibakar,” terangnya.

“Mudah-mudahan warga kompak, supaya sampah disini bisa tertib dan tidak berceceran dimana-mana,” pungkasnya.

Untuk mempercepat gunungan sampah tersebut bisa terangkat, informasi yang diperoleh, Pemerintah Desa Sukajadi sudah mengagendakan melaksanakan kegiatan Operasi Bersih dan sosialisasi pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022.

[st]

Comments

comments