Progress Pembangunan Sarana Sanimas Citarum Harum Di Ciheuleut Desa Mekarlaksana Cikancung Injak 80 Persen

oleh -
Progress Pembangunan Sarana Sanimas Citarum Harum Di Ciheuleut Desa Mekarlaksana Cikancung Injak 80 Persen

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Dalam rangka menekan pencemaran limbah domestik di aliran sungai dan lingkungan, pemerintah berkolaborasi dengan masyarakat di beberapa daerah telah bahu membahu membangun sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) atau IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal domestik melalui program Citarum Harum.

Salasatunya adalah yang sedang dibangun di Kampung Ciheuleut, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung.

Pembangunan sarana yang juga dikenal dengan sebutan septictank komunal tersebut, kini telah mencapai sekitar 80 persen.

Alhamdulillah, pembangunan sarana Sanimas Citarum Harum yang dilaksanakan oleh kelompok swadaya masyarakat di Kampung Ciheuleut, Desa Mekarlaksana, Kecamamatan Cikancung, yang dimulai sejak akhir April 2021, saat ini telah mencapai lebih dari 80 persen,” kata Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 16 Pelda Bernando Cavio, (24/8/2021).

Satgas Citarum Harum sendiri kerap ikut membantu dan mengawasi pekerjaan, mendampingi kelompok swadaya masyarakat dan TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat PUPR agar pembangunan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan.

“Pekerjaan saat ini adalah membangun sarana pendukung Sanimas, pemasangan atap baja ringan,” terang Bernando.

“Ya, harapan kami tentunya fasilitas ini segera rampung pekerjaannya agar bisa terasa manfaatnya oleh masyarakat dan dapat meminimalisir angka rawan sanitasi di desa yang merupakan kawasan hulu dari DAS Citarum ini,” harapnya.

Keberadaan Sanimas ini kedepannya bisa multifungsi, selain sebagai IPAL komunal domestik yang outputnya aman bagi siklus air, juga menjadi ruang aktifitas masyarakat.

Desa Mekarlaksana, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, pada program pembangunan sarana Sanimas tahun ini, mendapatkan alokasi di tiga titik. Selain di Kampung Ciheuleut, juga di Kampung Gerowek dan di Kampung Cisagatan.

[st]

Comments

comments