Peternakan Sapi Dan Kambing Milik Anggota Polri Menarik Perhatian Kapolres Banjar

oleh -
Peternakan Sapi Dan Kambing Milik Anggota Polri Menarik Perhatian Kapolres Banjar

KOTA BANJAR, (SI) — Guna menjaga ketahanan pangan Nasional, salahsatunya adalah peternakan sapi dan kambing di Dusun Parung RT 14 RW 04 Desa Balokang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Yang cukup menarik perhatian Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K., M.H., yang didampingi oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan pangan Kota Banjar, Kapolsek Purwaharja ,Kasat Binmas dan Polwan Banjar saat melaksanakan kegiatan pengecekan lokasi peternakan sapi dan kambing, Senin (8/6/2020).

Pemilik peternakan sapi dan kambing adalah salah satu personil Polri dari Polsek Banjar yakni Brigadir Dede Iim, ia bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Neglasari Kecamatan Banjar.

Kunjungan Kapolres Banjar di Peternakan tersebut yang bertujuan untuk memberikan contoh pada masyarakat untuk ketahanan pangan melalui peternakan sapi dan kambing

Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny menerangkan, tujuan utamanya adalah untuk menjaga dan juga mendukung ketahanan pangan masyarakat, dilahan perkarangan atau lahan kosong, dengan harapan juga bisa diikuti oleh masyarakat

“ini adalah contoh luar biasa dari Bhabinkamtibmas yang selalu dekat dengan masyarakat ,tentunya Bhabinkamtibmas ini sudah memberikan edukasi langsung pada masyarakat” terangnya.

Kapolres mengatakan, kiranya apa yang dicontohkan oleh anggota Polri ini, bisa menginspirasi semua anggota maupun masyarakat agar memanfaatkan pekarangan kosong rumah masing -masing untuk kekuatan pangan maupun peternakan sehingga bisa memenuhi kebutuhan dengan baik.

Lanjutnya menurut Kapolres, bahwa ketahanan pangan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Apalagi, saat ini masyarakat sedang dihadapkan pada pandemi Covid-19. Maka, masyarakat harus mempersiapkan kebutuhan pangan secara mandiri.

Program kreatif seperti ini semua masyarakat agar memanfaatkan lahan kosongnya, agar dapat mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut, yang dapat menunjang pendapatan perekonomian keluarga.

Selain peternakan sapi dan kambing Kapolres Banjar juga melakukan pengecekan kelokasi tempat Peternakan Ikan Lele, dan Ikan Nila, yang berada di Pondok Pesantren Miftahul Amanah, Lingkungan Cipadung, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja.

Peternakan Ikan Lele, dan Ikan Nila tersebut, dibudidayakan di kolam berbentuk bundar (bioplok) yang berjumlah 12 kolam, dengan ukuran 1500 m2, berkapasitas untuk Ikan Lele sebanyak 1800 / 2000 ekor disetiap 1 kolamnya. Sedangkan untuk Ikan Nila dengan kapasitas 1 kolamnya 1500 ekor.

Budidaya Ikan Lele, dan Ikan Nila ini merupakan hasil kerjasama antara Polres Banjar, dengan Pondok Pesantren Miftahul Amanah.

KH. Makmun Sidiq selaku Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Amanah, mengucapkan selamat datang di Pondok Pesantren ini, dan mengucapkan terimakasih kepada Polres Banjar.

Walaupun baru menjabat sebagai Kapolres Banjar, tetapi dengan cepat melangkah bersama Dinas Pertanian, dan Perternakan Kota Banjar, dimana dimasa pandemi virus covid 19 ini segala kebutuhan pangan, maupun ekonomi sangat terasa begitu sulit dirasakan oleh masyarakat.

Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama Peternakan Budidaya Ikan Lele, dan Ikan Nila ini dapat menghasilkan, bermanfaat, barokah, sehingga untuk kebutuhan pangan dapat tercukupi diwilayah Kota Banjar.

Sementara itu Kapolres Banjar, AKBP., Melda Yanni, S.I.K.,M.H., tidak lupa juga mengucapkan terimakasih sebanyak banyaknya kepada Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Amanah atas kerjasamanya, sehingga dapat mempererat tali silaturahmi antara Polres Banjar, dengan Pondok Pesantren Miftahul Amanah.

Kapolres juga, mohon do’a restunya, dukungannya terutama dalam menjaga, memelihara Kamtibmas diwilayah Hukum Polres Banjar, agar tercipta situasi yang aman, dan kondusif.

Kapolres, menambahkan dimasa tatanan kehidupan baru (New Normal) / Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), agar tetap saling mengingatkan satu sama lainnya agar selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan menjaga jarak, dan memakai masker, sehingga dapat melawan, mencegah memutus rantai virus covid 19 diwilayah Kota Banjar, dan semoga Kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menyalurkan bantuan sosial berbentuk bahan pokok kepada Pondok Pesantren Miftahul Amanah, dalam rangka HUT Bhayangkara Ke- 74. (***)

 

Comments

comments