Peringati Hari Siap Siaga Bencana, Dinsos Dan Tagana Semarang Tanam Mangroove

oleh -
Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Yarmawan Said di sela kegiatan tanam mangroove yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ke 11 bersama Tagana Kota Semarang hari ini, (06-05-2018), di Pantai Tapak, jalan Tapak Tugurejo, Tugu Kota Semarang.
Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Yarmawan Said menerima bibit mangroove dari perwakilan PT Indofood disela kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ke 11 bersama Tagana Kota Semarang, di Pantai Tapak, jalan Tapak Tugurejo, Tugu Kota Semarang. (6/5/2018).

Semarang, [ Sorot Indonesia ] – Tanaman mangroove memiliki fungsi dalam memulihkan ekosistem atau rehabilitasi ekosistem secara alami, selain itu, melindungi bibir pantai yang kian terkikis oleh abrasi, yang imbasnya meningkatkan ketahanan masyarakat dari musibah atau bahkan bencana banjir. Hal ini, dikatakan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Yarmawan Said di sela kegiatan tanam mangroove yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ke 11 bersama Tagana Kota Semarang hari ini, (06-05-2018), di Pantai Tapak, jalan Tapak Tugurejo, Tugu Kota Semarang.

Menurutnya, menanam mangroove sebagai upaya pelestarian lingkungan, merupakan bagian dari pengembangan karakter kesukarelawanan di mana potensi bencana alam perlu diperhatikan dan di-mitigasi. Dikatakan pula, mitigasi bencana membutuhkan kepedulian dari semua pihak.

Mengukuhkan hal serupa, Camat Tugu, Anton Siswartono mengungkapkan, abrasi yang terjadi di kecamatan tersebut cukup tinggi. Dam yang dibangun pada masa lalu tidak awet dan kurang efektif. Terbukti, cara alami dengan tanaman mangroove lebih efektif dalam mencegah abrasi. Lebih lanjut dia menyatakan, terdapat 2 aliran sungai yang selama ini meluap di musim penghujan menurut rencana akan dilakukan normalisasi pada tahun mendatang.

Dalam kesempatan tersebut ia menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada Dinas Sosial Kota Semarang. Menurutnya, di bawah arahan Tommy mengalami perkembangan yang tampak nyata. Selain itu, ia juga menyatakan terima kasihnya terhadap peran CSR PT Wing’s dan PT Indoofood yang selalu membantu manakala terjadi banjir di wilayah tersebut.

Ditambahkan, kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai unsur potensi yang ada; TKSK, PSM, Tagana, Tagana Difabel, Pendamping PKH, pegawai non ASN, BPBD, dan PMI serta komunitas pecinta lingkungan Prenjak dengan bantuan mangroove dari PT Indofood Sukses Makmur dan PT Phaphros. Menurut rencana, penanaman dilanjutkan sore hari. (sorotindonesia.com/arh)

Jajaran Dinas Sosial, lurah, dan polsek saat melakukan tanam mangroove. (doc.arh)
Jajaran Dinas Sosial, Lurah, dan Polsek saat melakukan tanam mangroove. (doc.arh)

Comments

comments