Pangdam III Siliwangi Hadiri Soft Launching Pelabuhan Internasional Patimban

oleh -
Pangdam III Siliwangi Hadiri Soft Launching Pelabuhan Internasional Patimban

Subang,- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto didampingi Asintel dan Asops Kasdam III/Slw hadir dalam acara soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban yang bertempat di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Minggu (20/12/2020).

Soft Launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban ini diresmikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan tiba dilokasi acara disambut langsung Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K dan Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono, langsung mengikuti acara Soft Launching. Acarapun dimulai dari sambutan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dilanjutkan laporan Menteri Perhubungan dan diakhiri sambutan Presiden RI sekaligus pernyataan peresmian Soft Launching Pelabuhan Patimban.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual dari Istana Negara, Presiden RI mengatakan, “Proyek Patimban mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan perekekomian Jawa Barat khususnya dan nasional pada umumnya serta dapat memperkuat pelabuhan Tanjung Priok Jakarta yang saat ini kondisinya sudah padat.” ucapnya.

“Dengan Posisi yang strategis diantara Bandara Kertajati Majalengka dan kawasan industri Karawang Purwakarta, saya yakin Pelabuhan Patimban akan menjadi Kunci Penghubung antar Kawasan seperti industri Manufacture, priwisata dan Sentra-sentra pertanian,” sambungnya.

Berdasarkan hasil laporan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa Pelabuhan Internasional ini pada fase pertama sudah siap 3,75 juta peti kemas dan akan mencapai 7 juta peti kemas pada tahap ketiga serta dengan luas yang ada nantinya akan dapat menampung 600 ribu kendaraan yang siap untuk diekspor ke luar negeri, sehingga dapat meningkatkan perekonomian rakyat dan menambah jumlah lapangan pekerjaan.

Sesuai dengan pernyataan Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam acara Soft Launching dan pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jabar yang di gelar secara Virtual dari Istana Negara Jakarta maka mulai hari ini Minggu, 20/12/20 Pelabuhan Patimban sudah siap dan bisa digunakan. (Pendam III/Siliwangi)

Comments

comments