OPSDA III BBWS Citanduy Sosialisasikan P3-TGAI Tahun 2022

oleh -
OPSDA III BBWS Citanduy Sosialisasikan P3-TGAI Tahun 2022

KOTA TASIKMALAYA, (SI) — Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy melaksanakan Sosialisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) pada kegiatan Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OPSDA III) tahun anggaran 2022.

Program tersebut bertujuan guna penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir Kasatker OPSDA Mujari, ST., M. Si., MT., Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota, Camat, Lurah dan Tim Pendamping.

Kasatker OPSDA BBWS Citanduy Mujari mengatakan, program P3-TGAI ini adalah program pemerintah untuk kelompok tani atau P3A dan dikerjakan dengan program padat karya guna membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Karena program P3-TGAI ini dikerjakan dengan cara padat karya dengan tujuan bisa mempekerjakan masyarakat untuk mendapat penghasilan apalagi disaat pademi Covid-19 ini banyak yang terkena PHK”, ucapnya, Senin (18/4/2022), bertempat di Grend Metro Hotel Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Dikatakan Mujari, selain dikerjakan secara padat karya oleh kelompok dan anggota, program P3-TGAI ini juga untuk bisa terlayani saluran irigasi kecil (tersier) yang rehab maupun peningkatan.

Ia menambahkan, disamping peningkatan kesejahteraan juga masyarakat atau kelompok ada tanggung jawab moral terkait kwalitas dan kuantitas pekerjaan tersebut supaya bisa memenuhi atau terlayani kebutuhan air untuk petani.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk pengerjaan belum dilaksanakan, karena harus melalui beberapa tahapan diantaranya sosialisasi, Musdes untuk membentuk kelompok dan nanti penentuan lokasi penentuan lokasi pekerjaan.

Kasatker OPSDA BBWS Citanduy, Mujari, ST, M. Si, MT.

“Untuk yang siap pengerjaan yang sekarang ini untuk di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya ada sekitar 98 titik”, terangnya.

Ia berharap dengan adanya program P3-TGAI ini masyarakat bisa sejahtera,kebutuhan air untuk pertanian bisa terlayani dan para petani juga hasil produksinya bisa meningkat. (Herman)

Comments

comments