Satgas Citarum Sektor 21 Sub 14 : Mari Kita Jaga Bersama Sungai Cimahi Tetap Bersih

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 14 : Mari Kita Jaga Bersama Sungai Cimahi Tetap Bersih

CIMAHI,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 14 melaksanakan giat rutin patroli sungai dan komunikasi sosial kepada warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai.

Seperti halnya yang dilaksanakan pada hari, Rabu (25/3/2021), anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 14 usai giat karya bhakti membersihkan daerah aliran Sungai Cimahi, dilanjutkan dengan patroli sungai yang berada di Kelurahan Citeureup.

Kondisi sungai sendiri tampak cukup bersih dan warna airnya normal, meski beberapa hari kebelakangan ini sering turun hujan.

Alhamdulillah, hasil patroli hari ini kondisi sungai dalam keadaan bersih, tidak ada timbulan sampah dan limbah,” kata Serka Zaenal Zainudin kepada awak media.

Kemudian anggota Satgas melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada warga di Kampung Sukarasa RT 5 RW 11, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara.

“Ya, kami sampaikan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sungai dari sampah, agar tidak terjadi banjir di saat hujan yang diakibatkan sampah yang di buang sembarangan ke sungai,” jelas Serka Zaenal.

“Mari kita jaga bersama kebersihan sungai ini agar bermanfaat bagi warga masyarakat,” pungkas Serka Zaenal.

Komunikasi sosial ini juga tidak hanya kepada warga, tetapi juga kepada pedagang yang lokasinya berdekatan dengan anak sungai atau parit, agar sampah dagangan atau jajanan dikemas dengan rapi supaya tidak terbawa hanyut ke sungai.

Pantauan awak media, Sungai Cimahi Utara kerap disinggahi warga untuk memancing, termasuk anak-anak yang bermain dan berenang. Disamping itu ada warga yang mata pencaharian tambahannya menambang pasir di dasar sungai.

“Dulu sebelum ada Satgas Citarum, sungai disini sering ada tumpukan sampah, tapi sekarang sudah jarang. Saya disini sering mengambil pasirnya,” kata Asep (53), warga Sukawargi RT 05 RW 01 Kelurahan Cibabat.

Dikatakan oleh Asep bahwa warga juga senang dengan kondisi sungai yang terawat kebersihannya, sehingga tidak sungkan dan segan saat diajak karya bhakti oleh Satgas Citarum.

[st]

Comments

comments