Pemkot Cimahi Gelar Lomba Perpustakaan Sekolah, Tingkatkan Minat Baca Civitas Sekolah

oleh -
Pemkot Cimahi Gelar Lomba Perpustakaan Sekolah, Tingkatkan Minat Baca Civitas Sekolah
Kadiskominfoarpus Pemkot Cimahi, M. Ronny, saat menggelar secara daring Ekspos 6 Besar lomba perpustakaan tingkat Kota Cimahi, (24/3/2021).

CIMAHI,- Pemerintah Kota Cimahi (Pemkot Cimahi) melalui Diskominfoarpus menggelar kegiatan lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/SMP/SMA se-Kota Cimahi tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadiskominfoarpus Kota Cimahi, M. Ronny, saat menyelenggarakan acara Ekspos 6 Besar Lomba Perpustakaan Sekolah.

“Lomba ini didasari oleh kebutuhan Pemerintah Kota Cimahi untuk menentukan perpustakaan sekolah terbaik Kota Cimahi untuk berkompetisi di tingkat provinsi dan nasional,” ucapnya, (24/3/2021).

“Kita mungkin sering mendengar ungkapan Perpustakaan adalah jantungnya pendidikan. Apabila kita amati, rasakan dan renungkan, fungsi perpustakaan adalah benar memiliki peranan vital untuk mendukung siswa gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi,” jelas M. Ronny.

Ditingkat sekolah, perpustakaan bisa membuka cakrawala wawasan civitas sekolah.

“Perpustakaan perlu dikelola secara serius dan profesional. Perpustakaan selalu dituntut untuk menyediakan fasilitas yang representatif, baik dari segi kelengkapan koleksi, kenyamanan desain interior dan layanan internet, agar civitas sekolah senang berkunjung ke perpustakaan, sehingga tumbuh rasa kecintaan dan memiliki terhadap perpustakaan,” urai M. Ronny.

“Namun, itu semua akan mustahil terjadi apabila tidak ada keseriusan pihak sekolah dalam membenahi perpustakaan,” ujarnya.

Tujuan lomba perpustakaan itu sendiri, menurut M. Ronny, ada beberapa poin yang diangkat.

“Ya, pertama, memetakan kondisi perpustakaan sekolah saat ini sebagai bahan evaluasi kami sebagai pembina. Kedua, menstimulasi perpustakaan sekolah untuk terus meningkatkan performa layanan. Ketiga, memberikan apresiasi kepada perpustakaan sekolah yang telah berusaha secara optimal dalam pengelolaannya,” ungkapnya.

Indikator dalam lomba antara lain unsur organisasi perpustakaan, gedung/ruang, perlengkapan, koleksi, layanan, SDM, anggaran, promosi dan kerjasama perpustakaan.

“Kami menyebarkan quesioner kepada masing-masing perpustakaan, dan diperlukan presentasi untuk lebih memperkuat data tersebut,” pungkas M. Ronny.

Untuk tingkat Kota Cimahi sendiri, 6 besar yang terpilih merupakan hasil seleksi dari 18 sekolah yang ikut serta.

Lomba perpustakaan sekolah tingkat Kota Cimahi, menghadirkan dewan juri, diantaranya Doni Safari, S.Sos., (Hayu Maca) dan Saleha Rodiah, S.Sos, M.Si., (Unpad).

[St]

Comments

comments