Mantapkan Pengawasan Limbah Industri, Sektor 21 Satgas Citarum Harum Gelar Pelatihan Pengenalan IPAL Kepada Personel

oleh -
Mantapkan Pengawasan Limbah Industri, Sektor 21 Satgas Citarum Harum Gelar Pelatihan Pengenalan IPAL Kepada Personel

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Sektor 21 Satgas Citarum Harum menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis kepada jajaran personelnya tentang pengetahuan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang diadakan di Posko Sektor 21 Satgas Citarum, Kampung Cimenteng, Cipageran, Kota Cimahi, Rabu (17/3/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin yang diikuti oleh seluruh jajaran Komandan Sub Sektor wilayah tugas Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi serta menghadirkan narasumber dari PT Pakar IPAL Indonesia.

Pelatihan tersebut berlangsung satu hari, di mulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga sore dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk mengenal lebih jauh apa itu IPAL, apa itu limbah, dan bagaimana mekanismenya, bagaimana melihat dan mengenali di lapangan. Serta ada penekanan yang sifatnya mengajak para pelaku usaha untuk lebih sadar. Kita tidak hanya menyalahkan, tapi mengajak para pelaku usaha ke arah yang lebih baik,” jelas Dansektor 21 Kolonel Arm Nursamsudin saat ditemui awak media terkait dengan pelatihan tersebut.

Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Arm Nursamsudin.

Alasan pihaknya memberikan pelatihan kepada anggota satgas dengan ilmu dan pengetahuan secara teknis, bertujuan agar prajurit memiliki pengetahuan secara mendasar tentang teori serta mengaplikasikan di lapangan dan melihat langsung sarana IPAL industri terutama di bagian outlet dan outfall sebagai bentuk pengawasan yang bersinggungan dengan aliran sungai untuk meminimalisasi adanya pencemaran.

“Satgas Citarum saat ini sudah berjalan selama tiga tahun, tetapi personel yang mengawakinya ada yang baru. Sehingga perlu adanya penyegaran,” tambah Dansektor 21.

“Dari pembekalan pelatihan ini, sehingga ketika turun ke lapangan, prajurit bisa betul-betul paham bagaimana seharusnya yang dilakukan oleh perusahaan,” ujarnya.

Salasatu persoalan pokok di DAS Citarum adalah pencemaran limbah industri, dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan dapat menambah wawasan personel Satgas Citarum dalam tugas pengawasan agar mampu mendeteksi secara dini adanya indikasi kecurangan yang dilakukan industri penghasil limbah cair yang dibuang ke aliran sungai.****

Comments

comments