Kick Off Liga Santri Nusantara 2017 Regional 2 Jabar

oleh
Penyerahan bola sebagai tanda dimulainya Liga Santri Nusantara 2017 Regional 2 Jabar

KBB – Liga Santri Nusantara 2017 Regional 2 Jabar yang meliputi Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Purwakarta, Sumedang dan Karawang, pada hari Sabtu (12/8/2017), resmi dimulai.

Kegiatan penyelenggaraan sekaligus acara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Bala Turangga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Gelaran Liga Santri Nusantara ini merupakan kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) NU dan PSSI.

Sebelum kick off, dilaksanakan coaching clinic terlebih dahulu yang dipandu langsung oleh Zaenal Arif, pemain sepakbola profesional yang merumput di Persib Bandung dan timnas.

Diwawancara oleh awak media seusai acara seremonial pembukaan kompetisi, Direktur Eksekutif Liga Santri Nusantara M Alfuniam mengaku terkesan dengan antusiasme para tim peserta dan masyarakat. “Saya pikir ini sesuatu yang luar biasa, dari pukul 08.00 sudah pada hadir dan sampai dengan pukul 12.00 Wib ini belum ada yang beranjak untuk menunggu kick off,” puji Alfuniam.

“Ini mudah-mudahan menunjukan bahwa mereka (tim peserta) sangat antusias di Liga Santri Nusantara ( LSN ) 2017 Regional 2 Jabar ini,” ujar Alfuniam.

Disebutkan oleh Alfuniam, untuk tahun 2017 ini Regional Jabar 2 ada 32 tim. Serta di 34 provinsi dibagi menjadi 32 regional dengan total 1.042 tim peserta yang berpartisipasi.

“Dari gelaran ini saya pikir kedepan santri bisa memberikan kontribusi pada dunia olahraga nasional khususnya sepakbola, karena santri itu punya karakter, attitude, dan akhlak. Semoga dengan adanya santri menjadi pemain sepakbola, sepakbola Indonesia akan lebih maju dan profesional,” jelas Alfuniam.

Ditambahkan oleh Alfuniam, Zaenal Arif salasatu santri dari pesantren yang berhasil tembus menjadi pemain Persib Bandung dan timnas. Zaenal Arif qori juara MTQ juga. “Kehadiran Zaenal Arif hari ini menjadi dukungan bagi kami, semoga santri-santri dengan kehadiran Zaenal Arif akan lebih semangat,” pungkas Alfuniam.

Hadir mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat adalah Kadispora Ade Sudiana, Camat dan Kepala Desa, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan, diantaranya H Kosasih.

H Kosasih menghadiri pembukaan Liga Santri Nusantara 2017

DPR RI Dukung Penyelenggaraan Liga Santri Nusantara

Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PKB, Dapil Jawa Barat II, Cucun Ahmad Syamsurijal, yang ikut hadir pada gelaran pembukaan Liga Santri Nusantara 2017 Regional 2 Jabar ini menyebutkan mendukung penuh apapun program pemerintah. “Pak Jokowi (Presiden RI) punya Nawacita. Sepakbola ini menjadi concern semua. Olahraga sepakbola yang dicintai banyak masyarakat di Indonesia perlu terus diperbaiki. Kita di DPR sudah melakukan koordinasi dengan Menpora dan DPR semua teman-teman di Komisi X dan kita di badan anggaran, menyampaikan dukungan apa yang akan dilakukan oleh Menpora terkait kapasitas dan persebakbolaan di tanah air ini,” urai Cucun Ahmad panjang lebar.

Dilanjukan olehnya, “Munculnya Liga Santri Nusantara ini merupakan potensi ke depan, potensi terpendam di pesantren yang tidak bisa ikut SSB (Sekolah Sepakbola), dan ternyata mereka mampu, seperti Zaenal Arif,” terangnya.

“Makanya kita teman-teman di DPR dengan fungsi budgeting juga akan support apa langkah yang dilakukan Menpora. Semoga akan lahir bintang-bintang sepakbola dari kalangan santri,” harap Cucun Ahmad Syamsurizal. (*)

Pembukaan Liga Santri Nusantara 2017
Foto (ka-ki) : H Cucun Ahmad Syamsurijal, Ade Sudiana, M Alfuniam, Zaenal Arif saat diwawancara oleh awak media sebelum kick off Liga Santri Nusantara 2017 Regional 2 Jabar di Lapangan Bala Turangga, Parongpong-KBB, Sabtu (12/8/2017).

 

Comments

comments