Kolonel Inf Opan Sopandi Terpilih Jadi Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi

oleh -
Kolonel Inf Opan Sopandi Terpilih Jadi Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Kolonel Inf Opan Sopandi, S.E., M.M., jabat Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi terpilih untuk periode tahun 2020-2024 dalam rapat anggota pemilihan ketua umum yang dilaksanakan di aula terbuka Posko Sektor 21 Satgas Citarum, Taman Kehati, Kelurahan Cipageran, Kota Cimahi, Jumat (3/7/2020).

Kolonel Inf Opan Sopandi unggul suara mutlak pada mekanisme pemilihan yang dikuti juga oleh Kolonel Arh Syarif Hidayatulloh, S.E., M.M., dan Kolonel Kav Sugiono, S.IP.

Kegiatan yang dibuka oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melalui Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo ini berlangsung tertib yang dihadiri oleh 120 orang yang diantaranya 72 primer koperasi jajaran Kodam III/Siliwangi dan 16 dari jajaran Balakpus seperti dari Seskoad, Disjas, Disjarah serta tamu undangan.

“Kita ambil nilai yang sangat besar hari ini, jangan dilihat dari kegiatan rutinnya, tapi dilihat dari upayanya, upaya itu pasti dekat dengan fitnah, upaya itu pasti dekat dengan gangguan, upaya itu identik dengan yang namanya kecurigaan, tapi kami berharap dalam hal ini kita semua, saya ditunjuk langsung oleh panglima untuk segera berangkat dan mewakili di acara ini yang sebetulnya dalam rangka pemilihan ketua koperasi yang baru,” kata Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo pada sambutannya.

Disampaikan oleh Pangdam III/Siliwangi pada amanatnya yang dibacakan oleh Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, “Sesuai amanah dalam pasal 27 UU No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Puskop Kartika Siliwangi, menjelaskan bahwa selain rapat anggota tahunan koperasi dapat melakukan rapat anggota apabila keadaan mengharuskan adanya keputusan segera yang wewenangnya ada di rapat anggota, seperti pemilihan ketua umum yang baru,” jelasnya.

“Ketua umum Puskop Kartika Siliwangi merupakan figur sentral yang sangat menentukan jalannya roda organisasi, oleh karena itu calon ketua harus yang benar-benar memiliki sikap amanah, memiliki akuntabilitas yang tinggi serta memenuhi kriteria iman, ilmu dan amal. Iman menunjukan kualitas moral pada individu, sementara ilmu menjadi alat bagi calon ketua agar bisa menjalankan program kerjanya secara baik dan tepat, serta amal merupakan tempat kesediaan untuk melaksanakan program organisasi secara ikhlas demi kemajuan organisasi dan membantu pimpinan dalam menyejahterakan anggota,” terang Pangdam.

“Para peserta rapat yang saya hormati, perlu saya ingatkan kembali bahwa koperasi merupakan salasatu pondasi yang dinilai ampuh dalam memperkuat dan mengembangkan kesejahteraan anggota di dalam suatu lembaga, dengan demikian keberadaan Puskop Kartika Siliwangi beserta Primer Koperasi di satuan jajaran Kodam III/Siliwangi harus dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit dan PNS beserta keluarganya, melalui kegiatan dan usaha koperasi dengan tepat berpedoman pada aturan yang berlaku dalam perkoperasian. Oleh karena itu, kepada ketua umum Puskop Kartika Siliwangi yang nanti terpilih, saya meminta agar lebih optimal lagi dalam bekerja meningkatkan peran koperasi, kerahkan segenap kemampuan yang ada harus mau berkorban fisik maupun pikiran, serta jeli mengantisipasi peluang-peluang dalam memajukan koperasi,” pesan Pangdam.

Lebih lanjut diuraikan oleh Pangdam III/Siliwangi, “Kalau ketua yang didukung oleh segenap jajaran bekerja dengan maksimal, saya yakin akan berdampak pada kemajuan yang pesat pada koperasi, selama ini kita hanya mengelola apa yang ada di dalam instansi kita, wajar saja kalau hasilnya pun belum maksimal, padahal sejatinya masih banyak sumber daya lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk kemajuan koperasi, selain menjalin kerjasama antar pengurus, pengawas dan anggota, ketua umum yang terpilih nanti harus dapat mengembangkan kerjasama dengan instansi lain sebagai langkah untuk mengembangkan usaha yang ada dalam Puskop Kartika Siliwangi,” pesan Pangdam lagi.

Akhir amanatnya, dikatakan oleh Pangdam, “Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ketua umum Puskop Kartika Siliwangi yang lama, Kolonel Inf Yusep Sudrajat, menurut laporan yang saya terima kinerja ketua umum Puskop Kartika Siliwangi yang lama ini sangat baik sehingga Puskop Kartika Siliwangi berhasil meningkatkan berbagai usaha dan menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai instansi lainnya, serta dapat mensejajarkan diri dengan koperasi-koperasi lainnya yang ada di Jawa Barat,” pungkas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Sedangkan Kolonel Inf Yusep Sudrajat pada laporannya mengungkapkan kenapa Rapat Koperasi tersebut dilaksanakan di Posko Sektor 21 Satgas Citarum, Taman Kehati, Cipageran, Kota Cimahi.

“Kenapa kegiatan koperasi kita adakan disini, jadi ini untuk gambaran kedepannya juga, yang pertama adalah zaman sekarang dalam new normal ini kehidupan bisnis kurang sekali, bahkan sampai ada yang 100 persen gulung tikar, termasuk juga koperasi ada yang seperti itu, banyak kekurangannya. Untuk mengurangi pengeluaran, kalau kita melakukan di tempat lain atau pinjam gedung, acara seperti ini selalu mengeluarkan dana 100 juta hingga 110 juta rupiah, tapi dengan dilakukannya disini kita bisa menghemat 50 persen, karena koperasi AD ART-nya memang seperti ini. Nah, oleh karena itu siapapun ketua koperasinya kalau mau menggunakan tempat ini, mangga, kita tunggu disini, gratis disini, meja-meja sudah ada, tinggal menyiapkan makanannya saja dan transport,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat yang pada laporannya selama dua tahun berturut dalam pengurusannya berhasil melampaui target pendapatan koperasi dan sisa hasil usaha (SHU) diatas 100 persen, kecuali pada tahun 2020 yang masih berjalan.

“Terimakasih atas partisipasi aktif seluruh anggota dan dukungan berbagai pihak khususnya Panglima selaku Pembina dan Kasdam,” ucapnya sambil meminta izin kepada Pangdam III/Siliwangi yang diwakili oleh Kasdam III/Siliwangi untuk memberikan amanat dan membuka rapat anggota pemilihan Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi secara resmi.

Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi Kolonel Inf Opan Sopandi : Jangan Ada Kesalahan Manajemen, Karena Ini Amanah

Proses pemilihan Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi tahun 2020 berlangsung demokratis, yang diikuti oleh 85 primer koperasi yang berhak menyalurkan suara.

Masing-masing calon ketua umum diberi kesempatan untuk memaparkan visi dan misi dihadapan para peserta dalam rancangannya memajukan koperasi dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

Kolonel Inf Opan Sopandi, S.E., M.M., unggul mutlak pada pemilihan tersebut dengan meraih 78 suara sah.

“Saya sangat terkesan karena pemilihan ini, sebetulnya saya ikut pemilihan ini secara dadakan. Dari 8 orang calon, mengerucut jadi 3 orang, kemudian mengikuti perintah Panglima untuk membuat bahan paparan,” terangnya sambil tersenyum saat ditanya wartawan terkait kesannya pada kegiatan tersebut.

“Ada pemilihan ketua seperti ini, ini luar biasa, positif, mudah mudahan kedepan ini lebih bagus,” tambahnya.

Perihal program utama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yang ditanya oleh awak media, dijawab oleh Kolonel Inf Opan Sopandi, lulusan Akmil 1989, yang juga menjabat Dansektor 15 Satgas Citarum dan Pamen Ahli Bid. Ideologi Politik Pangdam III/Siliwangi.

“Adapun hal-hal lain masalah perkoperasian, Insya Allah, yang sudah dirintis oleh Pak Yusep Sudrajat mantan ketua umum yang lama itu sudah hebat sekali. Kami akan melanjutkan, mudah mudahan lebih baik,” jawabnya.

“Saya akan mempelajari. Tahap pertama mungkin seminggu ini saya harus mendalami supaya menguasai. Jadi saya harus menguasai minimal di Puskop dulu, lalu Primkop ya nanti secepatnya. Yang jelas supaya jangan sampai ada kesalahan, karena ini amanah, amanah yang luar biasa. Bagi saya ini suatu tantangan. Yang lama sudah hebat, tidak ada perkeliruan sama sekali. Itu yang akan saya pertahankan dan saya tingkatkan,” pungkas Kolonel Inf Opan Sopandi dihadapan awak media.****

Comments

comments