Kolaborasi Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Dan Pasukan Kecebong DPKP Kota Cimahi, Bersihkan Anak Sungai Di Blok Mancong Melong

oleh -
Kolaborasi Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 Dan Pasukan Kecebong DPKP Kota Cimahi, Bersihkan Anak Sungai Di Blok Mancong Melong

CIMAHI,- Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub 13 laksanakan giat karya bhakti berkolaborasi dengan warga pelopor kebersihan dan pasukan kecebong DPKP Kota Cimahi di aliran anak Sungai Cimahi, Blok Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (23/2/2021).

Kondisi sebelum pelaksanaan korve tersebut, tampak sepanjang aliran sungai yang dibersihkan dipenuhi oleh rumput dan tanaman liar yang berpotensi mengotori dan menghambat aliran sungai.

Menggunakan peralatan sederhana dan mesin potong rumput, anggota satgas mulai membabati rumput yang tumbuh di bantaran sungai dan turun ke atas permukaan sungai untuk membereskan sampah dan tanaman liar didalam saluran.

Tim karya bhakti bekerja dengan kompak merapikan saluran parit sepanjang lebih dari 100 meter yang awalnya tertutup tanaman liar, hingga akhirnya terlihat bersih.

“Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub-13 Cimahi selatan dan warga pelopor kebersihan bersama kecebong dari DPKP Kota Cimahi saat ini melaksanakan korve di salah satu lokasi anak Sungai Cimahi di RT 01 RW 01,  Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan. Sasarannya adalah pembersihan sampah dan rumput liar yang berpotensi mengganggu saluran air,” ucap Seka Lilik Pudji Widodo.

“Sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 80 Kg. Kita kemas dalam karung, selanjutnya diangkut oleh dinas kebersihan kota Cimahi,” jelasnya.

Sinergitas antara Satgas Citarum Sektor 21 Sub 13 bersama DPKP Kota Cimahi dalam pembersihan sungai ini sendiri sudah terjalin cukup solid, termasuk diantaranya membantu penanggulangan longsoran tanah di bantaran sungai yang membahayakan pemukiman warga.

“Ya, kita sering berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kecebong dari DPKP Kota Cimahi dalam rangka mengatasi permasalahan aliran sungai. Alhamdulillah, hingga saat ini berjalan dengan lancar,” pungkas Serka Lilik.

Terpisah kepada wartawan, koordinator lapangan tim kecebong DPKP Kota Cimahi (Cimahi Selatan), Dadang Ali, mengungkapkan bahwa pihaknya merasa terbantu semenjak adanya Satgas Citarum Harum.

“Pada saat ini kita melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin aliran sungai. Tanggung jawab kita mulai dari titik 0 di Cibeber dan titik akhirnya di Melong,” jelasnya.

Menurut Dadang Ali, timbulan sampah permukaan yang kerap menghambat aliran sungai, adanya di Cisangkan dan Cisalak.

“Di Cisalak ada gorong-gorong bangunan tol, disitu terjadi penyempitan, sehingga jika ada bambu atau kayu juga sampah yang menyangkut disitu otomatis aliran sungai akan terhambat,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, selama ini dengan adanya Satgas Citarum, sinergitas kita berjalan dengan baik di lapangan, saling melengkapi dan bertukar informasi,” tutupnya.

Korlap Kecebong Cimahi Selatan DPKP Kota Cimahi, Dadang Ali.

Comments

comments