Kolonel Yusep Ikut Gotong Royong Bersihkan Sampah Dan Ilalang Di Melong Cimahi

oleh -

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., turun tangan bersama warga dan tim dari DPKP dan DLH Kota Cimahi serta jajaran Subsektor 21-13/Cimahi bergotongroyong membersihkan sampah dan ilalang di sungai sepanjang jalan Blok Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (5/3/2019).

Hadir sekitar pukul 08.00 WIB ke lokasi karya bhakti, didampingi Kadis Lingkungan Hidup Kota Cimahi, M. Ronny, seusai apel kegiatan, Dansektor 21 memotivasi lalu mengambil arit dan mulai membabati rumput yang tumbuh di bantaran parit anak Sungai Cibaligo bersama dengan peserta karya bhakti yang turun ke saluran untuk membereskan sampah dan tanaman liar didalam saluran.

Tampak tim karya bhakti bekerja dengan kompak merapikan saluran parit sepanjang lebih dari 200 meter yang kiri kanannya adalah tembok benteng milik pabrik dan perorangan yang awalnya tertutup ilalang, hingga terlihat bersih.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan karya bhakti secara pentahelix di Kelurahan Melong, tepatnya di cucu Sungai Citarum, yakni Sungai Mencut yang mengalir ke Sungai Cibaligo dan bermuara ke Sungai Citarum. Tadi sebelum kegiatan kita lihat bahwa sungai sudah jernih dan ikan kecil-kecil hidup, saya sudah koordinasi dengan Pak Ronny dari DLH untuk kita sebarkan ikan dan belut agar masif lagi nantinya. Nah, sekarang kita lakukan pembersihan, namun setelah masuk ke sungai ternyata lumpurnya luar biasa, memang sudah puluhan tahun dialiri oleh limbah. Sekarang tidak ada limbah tapi lumpurnya sangat pekat, ya mudah-mudahan dengan pembersihan ini yang dilakukan gabungan oleh masyarakat dan pemerintah termasuk TNI, sehingga pentahelix yang kita gagas bersama untuk industri bersih di Kota Cimahi, pelan-pelan kita wujudkan,” beber Kolonel Yusep saat diwawancarai oleh wartawan disela kegiatan.

“Ini kita sudah laksanakan, bukan hanya semboyan dan tanda tangan saja, semoga dengan kerjasama semua khususnya di Sektor 21, pentahelix yang kita gembar gemborkan koordinasinya agak susah pelaksanaannya, ternyata disini bisa dilakukan,” ujar Dansektor 21.

Karya bhakti gabungan antara Satgas Citarum dan elemen masyarakat serta pemerintah kota ini sudah kali kedua dilaksanakan, sebelumnya telah dilakukan pembersihan di parit sepanjang Jalan Industri, Kota Cimahi.

Dansektor 21 Kolonel Yusep sendiri pada kegiatan hari ini hanya berada dilokasi karya bhakti sampai sekitar pukul 09.30 WIB karena berlanjut ke tugas lainnya.

Wakil Walikota Cimahi Kunjungi Lokasi Karya Bhakti Di Kelurahan Melong

Sekitar pukul 11.00 WIB, Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, dan Camat Cimahi Selatan, kunjungi lokasi karya bhakti yang dilaksanakan oleh forum sinergitas pentahelix industri bersih Kota Cimahi di RW 01 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan ini.  Kegiatan yang melibatkan lebih dari 100 orang dari DPKP dan DLH Kota Cimahi, Satgas Citarum Subsektor 21-13, warga RW 01 Kelurahan Melong, warga RT 05 RW 14 Kelurahan Utama, perwakilan karyawan PT Kamarga Kurnia, PT Leuwitex, PT Setia Busanatex, PT KWA, PT Jenshiang Nusantara, PT Aswindo 2, dan PT Indah Jaya.

Ngatiyana berjalan menyusuri pinggiran sungai sambil melihat hasil kegiatan yang dilaksanakan, kemudian berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat serta jajaran satgas.

“Kita ketahui bahwa akhir tahun 2017 Sungai Citarum dan anak sungainya termasuk yang di Cimahi mendapat predikat yang sangat kotor, kemudian tahun 2018 diupayakan oleh Satgas Sektor 21 ini bahwa air Citarum sudah mulai membaik. Target kita tahun 2019 ini bersih hingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi,” kata Ngatiyana saat diwawancarai oleh awak media.

“Bagaimana upaya-upaya untuk mewujudkannya melalui forum sinergitas pentahelix. Nah, pentahelix itu akan menurunkan Pemkot Cimahi, Apindo, kemudian unsur lainnya, termasuk pakar dan akademisi, bersama-sama untuk bagaimana pentahelix ini bisa berjalan dengan lebih awal. Jadi, sasaran target tahun ini adalah bersih dan sehat,” jelas Wakil Walikota Cimahi tersebut.[St]

Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, saat meninjau lokasi karya bhakti forum sinergitas pentahelix di Kelurahan Melong, Kota Cimahi, Selasa (5/3/2019).
Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, saat meninjau lokasi karya bhakti forum sinergitas pentahelix di Kelurahan Melong, Kota Cimahi, Selasa (5/3/2019).

Comments

comments