Koramil Jajaran Kodim 0824 Latih Baris Berbaris dan Berikan Materi Wawasan Kebangsaan

oleh -
Baris Berbaris

Jember, Mulai Senin 17/07/2017 kemarin seluruh siswa-siswi sekolah dari tingkat dasar hingga sekolah lanjutan atas sudah memulai masuk sekolah,  pada masa-masa seperti itu biasanya memang dilakukan masa orientasi pengenalan kepada siswa-siswi baru masing-masing sekolah terutama yang sekolah lanjutan pertama dan sekolah lanjutan atas atau sekolah menengan kejuruan.

Masa tersebut kali ini memang dimanfaatkan dengan positif oleh sekolah dengan memberikan pengenalan kedisiplinan melalui latihan baris berbaris dan pemberian wawasan siswa terhadap sejarah perjuangan kemerdekaan dan kondisi Bangsa Indonesia saat ini.

Hingga hari Jum’at 21/07/2017 Pukul 07.00 Wib beberapa jajaran Koramil yang memberikan pelatihan Baris Berbaris dan Wawasan Kebangsaan adalah   Koramil 0824/24 Ambulu menugaskan Serda Budiono, Kopka Pramono dan Koptu Suparno kepada pelajar MA Nahdlotul Arifin Ambulu  diikuti 195 siswa baru.

Demikian halnya  Koramil 0824/09 Tempurejo Kepada pelajar  SMA Baitul Muttadin Ds Sidodadi diikuti oleh 125 siswa baru, Koramil 0824/01 Patrang Kepada 160 pelajar SMK Berdikari dan 360 pelajar SMPN 7 Jember, Koramil 0824/18 Kencong kepada 616 pelajar SMKN Kencong, Koramil 0824/20 Gumukmas kepada pelajar MTS dan SMK Al Ihwaniah Ds Menampu diikuti 140 Siswa baru.

Sedangkan Koramil lainnya sudah memberikan kepada siswa-siswi baru dijajarannya sejak beberapa waktu yang lalu dan hal tersebut sesuai dengan pengajuan sekolah kepada Koramil sesuai wilayahnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya terkait kegiatan jajarannya tersebut membenarkan adanya pemberian materi baris berbaris dan wawasan kebangsaan kepada siswa siswi baru untuk menguatkan materi orientasi sekolah diberbagai wilayah jajarannya.

Saat ditanyakan tujuannya Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa kegaiatan seperti itu tidak hanya pada masa orientasi seperti ini saja namun pada masa-masa tertentu juga saya perintahkan jajaran untuk koordinasi dengan pihak sekolah untuk memberikan meteri seperti itu, tentunya seperti baris berbaris memiliki tujuan pokok membentuk kedisiplinan siswa dalam selama masa pembelajaran disekolahnya sehingga lebih focus menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru.

Demikian halnya Wawasan Kebangsaan tentunya materinya berbeda antara pelajar setingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa, namun kesemuanya mengarah pada tujuan yang sama yaitu memberikan wawasan tambahan kepada siswa terkait sejarah perjuangan bangsa, situasi bangsa Indonesia saat ini serta prespektif ancaman terhadap Bangsa Indonesia dimasa mendatang dan lain-lain.

Saat ditanyakan apa himbauannya terhadap generasi muda Letkol Inf Rudianto sangat mengharapkan agar adik-adik pelajar, mahasiswa belajar sebaik-baiknya serap ilmu pengetahuan secara baik dan maksimal diusianya untuk bekal kelak dalam memimpin bangsa ini, demikian halnya pemuda dan masyarakat hendaknya meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai hal utamanya isu-isu yang berkembang dan lain-lain hendaknya disikapi dengan cemat dan bijak, pererat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai kekuatan utama dalam mengaja kedaulatan dan keutuhan NKRI. (sis24)

Comments

comments