Ketua LPM Unpas Asep Dedy Sutrisno Takjub Lihat Potensi Hutan Kota Cimahi di Posko Sektor 21 Satgas Citarum

oleh -
Ketua LPM Unpas Asep Dedy Sutrisno Takjub Lihat Potensi Hutan Kota Cimahi di Posko Sektor 21 Satgas Citarum

CIMAHI,- Posko Sektor 21 Satgas Citarum Harum di Taman Kehati, Kelurahan Cipageran, Kota Cimahi, mendapat kunjungan dari Ketua LPM Universitas Pasundan (Unpas), Dr. Asep Dedy Sutrisno bersama staf, didampingi oleh Dr Eki Baihaki, Kamis (25/6/2020).

Kedatangan Asep Dedy Sutrisno beserta rombongan disambut dan diterima langsung Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, kemudian meninjau lokasi pembibitan pohon di area Posko Sektor 21.

Sambil berjalan, diperbincangan Asep Dedy Sutrisno menyebutkan bahwa ia sudah melihat perkembangan Citarum di Sektor 1 dan Sektor 8. Namun kini ia tampak takjub melihat progress pembibitan pohon dan hutan kota di Kota Cimahi yang telah dilakukan oleh komandan sektor yang dikenalnya sebagai “raja cor” berkolaborasi dengan Pemkot Cimahi dan komponen masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat yang telah menerima kedatangan kami disini,” ucap Asep Dedy Sutrisno saat diwawancarai wartawan. “Kami merasa keberadaan Pembibitan Sektor 21 ini bak gayung bersambut, karena kita bisa bekerjasama dalam rangka perbaikan lingkungan dan masyarakat,” tambahnya.

“Disini kan sebelumnya banyak kebun. Tapi kita lihat sekarang dalam kurun beberapa bulan saja hutan kota seluas 5 hektar ini sudah disolek,” ujarnya.

Ia merasa bahwa keberadaan Satgas Sektor 21 pembibitan ini menjadi harapan yang sangat baik untuk mengembangkan berbagai tanaman keras serta berpotensi menjadi tempat penelitian bagi akademisi.

“Kami memiliki SDM yang kapabel untuk mengembangkan potensi alam yang ada di posko sektor 21 ini, dan kami sebetulnya tidak menyangka jika di tengah kota ada lahan yang memiliki potensi sebagus ini jika digunakan untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang tanaman,” kata Asep.

Asep berharap, keberadaan pembibitan pohon ini bisa terus berlanjut meski program Citarum Harum nanti telah selesai. “Seperti kita ketahui bahwa program Citarum Harum di dalam Perpres No.15 tahun 2018 hanya sampai tahun 2024. Namun saya berharap keberadaan lahan pembibitan ini bisa terus dikelola dan diberdayakan untuk edukasi masyarakat,” harapnya.

“Bahkan saya melihat potensi wisata yang sangat baik jika memang bisa dikelola secara profesional,” pungkas Asep Dedy Sutrisno.

Kesempatan terpisah, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat menyambut baik kehadiran pimpinan LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) Universitas Pasundan ini ke Posko dan area pembibitan pohon Sektor 21.

“Kita menyambut baik siapapun yang berkunjung ke Posko Sektor 21 ini. Untuk menghutankan lokasi ini serta lahan kritis lainnya di sekitar Kota Cimahi, Satgas Citarum Sektor 21 tentu tidak bisa melakukannya sendiri, kolaborasi pentahelix sangat penting,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kami ucapkan terimakasih atas kunjungan dari LPM Unpas ini, mudah-mudahan kerjasama bisa terjalin untuk lingkungan khususnya di DAS Citarum semakin baik,” tutup Kolonel Inf Yusep Sudrajat.****

Comments

comments