Karya Bhakti Di Bantaran Sungai, Bersihkan Sampah Antisipasi Pencemaran Ke DAS Citarum

oleh -
Karya Bhakti Di Bantaran Sungai, Bersihkan Sampah Antisipasi Pencemaran Ke DAS Citarum

KAB. BANDUNG – Personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 01/Rancaekek bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat karya bhakti yang menyasar sampah dan tanaman liar yang mengganggu bantaran sungai.

Kegiatan seusai apel pengecekan personil dan materil tersebut, dilaksanakan di bantaran Sungai Cikijing yang berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/3/2022).

“Hari ini kami melaksanakan giat rutin pembersihan daerah aliran Sungai Cikijing yang melintas di Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek,” jelas Dansubsektor 21-01 Serma Samsudin.

“Menggunakan peralatan manual dan satu unit mesin pemotong rumput, sasaran kami adalah pembersihan sampah, tanaman liar dan sedimentasi tanah yang berpotensi mencemari sungai di sepanjang kurang lebih 80 meter,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Serma Samsudin mengajak dan mengimbau warga masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kepada warga masyarakat, kami juga mengajak untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, terlebih di sekitar sungai, minimal dengan cara tidak membuang sampah sembarangan guna menjaga kelestarian sungai tetap bersih yang dampaknya akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat serta jauh dari sumber penyakit,” ajaknya.

Selepas kegiatan karya bhakti dan isoma, dilanjutkan kemudian oleh personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 01/Rancaekek melaksanakan komunikasi sosial kepada warga masyarakat. Kegiatan ini antara lain ke Kampung Babakan Pandan RT 03 RW 02 dan ke RT 02 RW 01 Desa Jelegong.

[st]

Comments

comments