Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 Satgas Citarum Sektor 21 Guyur 2,6 Ton Eco Enzyme Di Sungai Cisangkuy

oleh -
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 Satgas Citarum Sektor 21 Guyur 2,6 Ton Eco Enzyme Di Sungai Cisangkuy

BANDUNG,- Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2021, Sektor 21 Satgas Citarum mengguyur Sungai Cisangkuy dengan eco enzyme, cairan multi manfaat yang berasal dari hasil fermentasi sampah organik rumah tangga yang salasatu manfaatnya diklaim dapat mengurai limbah domestik dan limbah industri guna meningkatkan kualitas air sungai.

Bekerjasama dengan komunitas relawan eco enzyme Bandung, kegiatan yang dilaksanakan di Floodway Cisangkuy Kampung Cireungit Sayang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, turut dihadiri antara lain oleh perwakilan BBWS Citarum, perwakilan DLH Kabupaten Bandung, Forkopimcam Cangkuang, kepala desa sekitar, tokoh masyarakat dan tamu undangan serta jajaran Sektor 21 Satgas Citarum.

Alhamdulillah, hari ini Sektor 21 berkolaborasi dengan komunitas eco enzyme Bandung dan sekitarnya, melaksanakan penuangan eco enzyme yang semula direncanakan sebanyak 1500 liter atau 1,5 ton tetapi karena animo dari komunitas terhadap kegiatan ini dan lingkungan sangat luar biasa, ternyata menjadi 2.600 liter. Ini perlu kita perlu apresiasi bersama, karena antusias dan kepedulian komunitas eco enzyme ini sangat luar biasa terhadap alam,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arm Nursamsudin usai kegiatan, (5/6/2021).

Sedangkan terkait kegiatan penuangan eco enzyme ini di Sungai Cisangkuy di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dikatakan oleh Dansektor 21, “Eco enzyme ini merupakan mikroorganisme yang baik, artinya eco enzyme diharapkan memberikan kontribusi yang positif mengurai limbah yang ada di sungai, sehingga struktur air Sungai Citarum khususnya di Sungai Cisangkuy ini akan lebih baik kedepannya,” ucapnya.

Pada giliran penyampaian sambutan, Ketua relawan Eco Enzyme Bandung, Doddy, mengungkapkan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerjasama sehingga acara penuangan eco enzyme di DAS Citarum bisa terlaksana.

“Kami hari ini berbahagia sekali, dimana hari ini kita memperingati hari lingkungan hidup. Komunitas dan relawan eco enzyme Kota Bandung dan sekitarnya ingin mengajak kita semua mari peduli terhadap lingkungan,” kata Doddy pada sambutannya.

“Hari ini sebagai salasatu momentum bagaimana kita menggerakan untuk memanfaatkan limbah organik menjadi eco enzyme yang merupakan hasil fermentasi limbah organik dari sisa-sisa dapur kita (sayuran dan kulit buah) serta molase dan air. Eco enzyme ini bisa menyehatkan air dan udara, meningkatkan unsur hara tanah, menyehatkan tanaman, juga bisa digunakan sebagai pembersih alat rumah tangga, ada sejuta manfaat,” terang Doddy.

“Dan hari ini juga, kita menyumbangkan eco enzyme untuk Citarum Harum, yang kita tau bersama Sungai Citarum sudah banyak terkontaminasi, mudah-mudahan dengan kepedulian dari komunitas saat ini bisa membangkitkan semangat kebersamaan, bahwa kita semua pasti bisa,” pungkas Doddy.

Pada kegiatan tersebut, dipimpin oleh Dansektor 21 Satgas Citarum, secara serentak ratusan galon dan jerigen berisi eco enzyme yang sudah disiapkan bagi peserta dituangkan ke Sungai Cisangkuy. Tidak hanya itu, Dansektor 21 Satgas Citarum juga berkesempatan menebar benih ikan.

[st]

Comments

comments