Dansektor 4 Satgas Citarum Ajak Empat Pemilik Pabrik Susuri Anak Sungai Citarum Sepanjang 2 Kilometer

oleh -
Dansektor 4 Satgas Citarum Ajak Empat Pemilik Pabrik Susuri Anak Sungai Citarum Sepanjang 2 Kilometer

SOROTINDONESIA.COM, Kab. Bandung,- Dansektor 4 Satgas Citarum Kolonel Inf Kustomo ajak empat pengusaha pabrik produk tekstil untuk berjalan kaki menyusuri Sungai Cikakembang yang merupakan anak Sungai Citarum di wilayah Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, pada hari, Rabu (18/7/2018).

Empat pengusaha itu antara lain, Alex dari Gunajaya, Mulyawan dari PT PMTI, Satia dari PT Purnama Tirtatex dan Uciu dari PT Dulang Mas.

Kegiatan susur sungai tersebut, bertujuan untuk sama-sama mengetahui kondisi aliran sungai yang menjadi media pembuangan hasil olahan limbah cair dari perusahaan.

Hal itu pun mendapat tanggapan dan sambutan positif dari pengusaha yang turut berpartisipasi dalam kegiatan.

Menurut Alex, penelusuran ini bersama dengan Dansektor dan pemilik perusahaan lainnya agar tidak ada saling tuding diantara mereka, “Kami bisa tahu pabrik mana saja yang buang limbah sembarangan ke anak Sungai Citarum. Dengan cara penelusuran serta penyisiran sungai ini,” jelasnya.

“Kami tentunya mendukung program Citarum Harum yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” ujar Alex.

Sedangkan Dansektor 4 Satgas Citarum Kolonel Inf Kustomo pada kesempatan tersebut kepada wartawan menyebutkan bahwa kegiatan sisir sungai ini agar pelaku usaha industri paham dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

“Para pengusaha ini katanya selama disini belum pernah melihat kondisi sungai di belakang pabrik mereka bagaimana,” sebut Kolonel Kustomo.

“Makanya itu, kita ajak jalan kaki untuk melihat secara langsung, kurang lebih sepanjang 2 Km, agar pemilik juga bisa memahami keadaan sungai dan titik pembuangan limbah mereka,” jelas Dansektor 4 ini.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dansektor, “ternyata setelah jalan-jalan, mereka jadi paham tentang keadaan sungai, dan komitmen untuk tidak buang limbah ke sungai. Bahkan dari jalan-jalan itu, mereka sudah melihat dan berkeinginan untuk merenovasi sebanyak 31 titik tungku pembakaran sampah warga agar tidak ada sampah yang terbawa ke aliran sungai. Jadi, selain limbah pabrik, mereka juga menunjukan kepeduliannya terhadap sampah warga,” pungkas Dansektor 4 Satgas Citarum Kolonel Inf Kustomo. [St]

Comments

comments