Awal Ramadhan 1442 H, Satgas Citarum Sektor 21 Cicalengka Bersihkan Sungai Dari Sampah Dan Tanaman Liar Di Kampung Cijalupang

oleh -
Awal Ramadhan 1442 H, Satgas Citarum Sektor 21 Cicalengka Bersihkan Sungai Dari Sampah Dan Tanaman Liar Di Kampung Cijalupang

KAB. BANDUNG,– Mengawali bulan suci ramadhan 1442 H, tidak mengurangi semangat anggota Satgas Citarum Sektor 21 Sub 16/Cicalengka bersama warga pelopor kebersihan untuk melaksanakan kegiatan rutin memelihara daerah aliran sungai.

“Hari ini kami bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan kegiatan pemeliharaan daerah aliran Sungai Cibodas di Kampung Cijalupang RT 01 RW 08, Desa Waluya, Kecamatan Cicalengka,” jelas Serma Samsudin, Rabu (14/4/2021).

“Sasarannya adalah pembersihan sampah dan tanaman liar yang mengganggu aliran sungai,” ujarnya.

Panjang aliran sungai yang dibersihkan itu sendiri kurang lebih 55 meter. Dan sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 85 kilogram.

Sebelum dilaksanakan korve, tampak di lokasi tersebut tanaman liar hampir menutup badan air, termasuk keberadaan sampah yang menyangkut di dalamnya.

“Ya, mudah-mudahan setelah dibersihkan, aliran sungai ini bisa mengalir lebih lancar,” kata Serma Samsudin.

Kondisi daerah aliran sungai setelah dibersihkan.

Meski dalam kondisi sedang berpuasa, anggota Satgas Citarum ini tetap bersemangat.

“Puasa tentunya tidak mengurangi tugas yang harus dilaksanakan. Semoga kegiatan pembersihan aliran sungai ini bisa menambahkan nilai ibadah kami,” harap Serma Samsudin.

Usai kegiatan korve, dilanjutkan kemudian dengan kegiatan rutin patroli sungai dan komunikasi sosial (komsos) kepada warga masyarakat.

Pada giat komsos, pesan disampaikan oleh anggota Satgas Citarum adalah terkait dengan Citarum Harum dan mengajak warga masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

[st]

Comments

comments