As SDM Kapolri Resmikan Masjid Natabel Jannah di Komplek Bhayangkara Residence Palangkaraya

oleh -
As SDM Kapolri Resmikan Masjid Natabel Jannah di Palangka Raya
As SDM Kapolri Irjen Pol Prof. Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., saat meresmikan Masjid Natabel Jannah di Komplek Perumahan Bhayangkara Residence, Pangkaraya.

PALANGKARAYA – Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri Irjen Pol Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., meresmikan Masjid Natabel Jannah di Komplek Perumahan Bhayangkara Residence Jl. Lamtoro Gung Kota Palangka Raya, Jumat (12/1/2024) siang.

Peresmian masjid yang dibangun oleh Irjen Pol Dedi Prasetyo semasa menjabat sebagai Kapolda Kalteng tersebut, dihadiri oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, Ketua MUI Kalteng Prof Dr H. Khairil Anwar, M.Ag, pejabat utama Poldq serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Prof. Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menyampaikan, pembangunan masjid ini diawali dengan niat karena Allah SWT dan diniatkan untuk ibadah.

“Masyarakat di perumahan Bhayangkara Residence ini, kalau mau ke masjid cukup jauh karena di sekitar sini belum ada masjid. Oleh karena itu, saya bertekad untuk membangun masjid di sini agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beribadah,” terang mantan Kadivhumas Polri tersebut.

Disamping itu, lanjutnya, ia juga teringat pesan orang tua. Kalau punya rejeki jangan diambil semua tapi sisihkan untuk membangun masjid di manapun, insya Allah bermanfaaf untuk masyarakat.

“Di masjid ini juga didirikan TPA untuk anak-anak belajar Alquran dan belajar tentang Islam. Masjid ini sudah saya hibahkan ke masyarakat dengan pengurus yayasan juga dari masyarakat dan anggota Polri,” tuturnya.

Irjen Dedi berpesan agar masjid ini dimakmurkan, dirawat dengan baik dengan tetap menjunjung tinggi filosofi Huma Betang yang merupakan kearifan lokal yang mengakar turun temurun di masyarakat sehingga tetap terjaga persatuan, kerukunan, dan moderasi agama.

“Semoga dengan diresmikannya masjid Natabel Jannah ini, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk beribadah dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat dan pihak-pihak yang membantu pembangunan masjid ini,” tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolda Kalteng mengucapkan terima kasih kepada As SDM Kapolri atas inspirasi yang diberikan dalam pembangunan Masjid Natabel Jannah tersebut.

“Ini adalah inspirasi dan contoh yang patut ditiru oleh kita semua bahwa Polri harus bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Kapolda.

Di tempat yang sama, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut, diakhiri dengan peresmian masjid yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita dan membuka tirai papan nama masjid.

Selanjutnya, As SDM didampingi Kapolda dan Wagub Kalteng meninjau TPA yang berada di belakang Masjid Natabel Jannah. Kemudian dilanjutkan dengan Salat Jumat berjamaah.

“Rangkaian kegiatan ditutup dengan pelepasan rombongan pendistribusian bantuan sembako oleh Wagub Kalteng didampingi As SDM dan Kapolda. Dengan total bansos yang diserahkan sebanyak 2000 paket sembako untuk didistribusikan ke panti asuhan dan warga kurang mampu,” tutup Kabidhumas.***

Comments

comments