Antisipasi Kebersihan Dan Kelancaran Aliran Sungai, Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Sisir 1.700 Meter Sungai Cikeruh Jatinangor

oleh -
Antisipasi Kebersihan Dan Kelancaran Aliran Sungai, Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Sisir 1.700 Meter Sungai Cikeruh Jatinangor

SUMEDANG,- Mengantisipasi kelancaran aliran sungai, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang bersama warga pelopor kebersihan laksanakan giat korve di Sungai Cikeruh.

Menariknya, dalam satu hari kegiatan tersebut panjang sungai yang dibersihkan tidak tanggung-tanggung, 1.700 meter! Dan bertepatan dengan turun hujan deras.

“Ya, kita melaksanakan kegiatan pembersihan bantaran Sungai Cikeruh di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor,” jelas Serka Eri Krisyana, Jumat (16/4/2021).

Kegiatan usai apel ini, menyasar tanaman liar yang tumbuh hingga menutup sebagian badan air, yang berpotensi penyempitan dan menghambat aliran sungai.

“Kita sisir di sepanjang kira-kira 1.700 meter daerah aliran sungai,” ungkap Serka Eri Krisyana.

“Hasilnya, kita bersihkan tanaman liar seperti alang-alang dan rumput juga timbulan sampah yang mengganggu aliran sungai ini, kurang lebih 300 kilogram,” ungkapnya lagi.

Sungai Cikeruh yang merupakan bagian kawasan hulu Sungai Citarum ini sendiri diketahui kerap meluap hingga menggenangi pemukiman warga pada saat intensitas curah hujan cukup tinggi.

“Ya, kami berharap pada kegiatan pembersihan ini membawa dampak terhadap kelancaran aliran sungai. Sekaligus juga kami tak bosan-bosan mengajak warga masyarakat untuk tidak membuang sampah sekecil dan sebanyak apa pun ke sungai, karena akan mengakibatkan sungai menjadi kotor juga menjadi salasatu faktor penyebab banjir,” urai Serka Eri Krisyana yang akrab disapa dengan panggilan Serka Erik.

Terkait dengan kegiatan korve yang bersamaan dengan guyuran hujan, dikatakan oleh Serka¬†Erik, “Tidak masalah ya, tetap semangat melaksanakan tugas, kami juga menjaga keamanan satu sama lain,” tandasnya.

 

Comments

comments