Menelusuri Sisi Lain Si Hacker Ganteng Yang Meretas 4.600 Situs Online

oleh -
Hacker Ganteng
Si Hacker Ganteng Sultan Haikal Didampingi Pengacaranya dan Kakak Permpuannya

Nama si “Hacker Ganteng” , Sultan Haikal tiba-tiba viral di media sosial, pasalnya si ganteng Haekal ini, diduga telah menjebol situs ternama tiket.com dan menurut hasil pemeriksaan pihak kepolisian remaja yang berusia 19 tahun ini disebut telah membuat kerugian bisnis mencapai Rp. 4,12 milyar. Bukan itu saja, Haikal konon kabarnya telah meretas sekitar 4.600 situs online.

Jakarta— Sosok remaja  yang dijuluki si “hacker ganteng” yang diduga menjadi peretas situs tiket.com dan ribuan situs lainnya. Tercatat tiket AirAsia, Citilink, hingga Sriwijaya Air diduga  dicuri. Dan sebanyak 4.600 situs telah diretas.

“Dia kesal, karena pengelola situs itu sudah diberitahu ada kelemahannya, tetapi tidak memberi reward,” kata Kasubdit I Dit Tipidsiber Bareskrim Polri AKBP Idham Wasriadi, Selasa, 4 April 2017.

Remaja yang tak sempat menamatkan sekolah SMP ini mengaku telah meretas situs milik tiket.com tersebut. Melalui  itu, Haikal bersama dua rekannya, Khairul (19) dan NTM (27) bisa melakukan pemesanan tiket menggunakan akun milik PT Citilink dan menjualnya lewat jejaring mereka. “Motifnya murni ekonomi,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi Fadil Imran, Selasa, 4 April 2017.

Termasuk diakuinya yang pernah diretas adalah situs milik Polri, yang kini menyeretnya. Sebab itu, pria asli Tangerang Banten ini memang bukan sosok sembarangan di dunia peretas.

Meski begitu, Sultan Haikal, tetap sosok remaja biasa. Dari pengakuannya mendapatkan keuntungan dari meretas. Uang itu hanya digunakan untuk foya-foya.

Ya, seperti remaja umumnya. Uang itu ludes dalam waktu singkat. “Saya belikn motor Ducati sama foya-foya. Enggak ada pengeluaran untuk investasi,” kata Haikal di Bareskrim Polri, Kamis 30/3/2017.

Penelusuran Medsos

Informasi yang berhasil dihimpun oleh SII di akun instagram milik  Hacker Ganteng,Sultan Haikal yang merupakan  bos “Crew Gantengers”, dan kakak perempuannya Shabrina Jasmine,  ternyata kemampuan Haikal diakui hebat, karena pada sekitar tahun 2013 si ganteng Haikal masuk dalam rating peretas ke-2 sebelum  si peretas satelit beberapa tahun silam. Haikal yang hanya belajar otodidak ini, diakui oleh para netizen merupakan anak yang jenius, betapa tidak meski pihak kepolisian telah memeriksa dirinya sebagai tersangka penjebol situs milik PT. Global Network namun banyak netizen memberikan dukungan moril kepadanya.

Postingan pada 7 April 2013 “Pada posting kali ini saya akan membahas hacker hacker yang membanggakan Indonesia” diantaranya disebutkan  peringkat pertama Hmei7, peringkat ke-dua Sultan Haikal (diakui kemampuan lumayan) serta Jim Geovedi (yang pernah akan menjebol satelit Indonesia dan China.

“Banggalah Jadi Orang Indonesia Karena Kita memiliki 3 orang tersebut”

Shabrinajasmine dalam akun instagramnya:

“Liat bangganya saya 2013 aja ternyata nama Adik saya masuk ke dlm 3 besar hacker ternama ,2013 umurnya masih 15than lah ya,tp udh pinter banget,,hebat! #savehaikal # ini berita 2013 ya,,skrg udh 2017 wajar dia udh hebat bs masukin dan perbaiki ribuan situs 👍🏻”

  • Orang kayak ka haikal gini aset bangsa yg tertutup debu perlu dibersiin debunya pake lap bersih udah ga perlu hukuman yg ga kurungan yg ga penting,ga semua orang punya otak encer kyk gini,bin man bin ne ada anak bangsa yg perlu diselametin,proud of you ka @shabrinajasmine punya adek yg otaknya diatas rata”#savehaikal
  • lianacahyowati89#savehaikal
Peringkat ke-2 Hacker
Peringkat ke-2 Hacker

Sudah memberikan peringatan kepada Global

Pada salah satu postingan didapatkan keterangan bahwa SH telah memperingatkan pihak tiket.com bahwa dirinya telah menemukan “bug” atau celah pada aplikasi tiket.com.

“…Dia yg meretas yg membobol ke suatu akun itu betul krn hanya untuk membuktikan sistem penjagaan tidak aman, tp kalau ada yg mengambing hitamkan allahualam,,keluarga kami tdk pernah memakai uang haram…,” tulis shabrinajasmine lewat akun instagramnya.

“Saya telah menemukan celah “bug” atau “celah” pada aplikasi tiket.com apa kita bisa bekerja sama?”.

Peringatkan Situs Yang Tak Aman
Peringatkan Situs Yang Tak Aman

Akhirnya atas desakan temannya, Hacker Ganteng, Haikal memberikan user name dan passwordnya kepada temannya yang pada akhirnya menjadikan dirinya sebagai tersangka otak utama kasus peretasan tersebut.

Shabrinajasmine: menurut anda?

“9 oct adik saya sudah bisa membuka situs tiket.com sudah memperingatinya jg,tp ga respond,,wajar ya tmn nya yg tau dia udh bs buka web itu langsung kasih tau ngincer ni anak,adik saya udh cerita dia bilang dia Gak mau,krn dia biasa mendapatkan uang dngn cara halal,tp krn ini tmnnya maksa trs dan haikal sblm2nya sudah sering dikasih uang cuma2 sm temannya yg ini,haikal kasih ke temannya pasword&username nya…”

Pendapat Netizen

  • jadi SH skrg gmna mbk?
  • s.aryanti_malelo#savehaikal
  • eka_chintyaSmangat haikal
  • cinta_nymiSeharusnya anak yang punya kemampuan sperti ini bukan ditangkap..tp dikasih pekerjaan buat hacker negara tetangga😊☺ #savehaikal
  • thenewbikingregetanSabar ya Kal Shabrina
  • house_of_dira@thenewbikingregetan lbh respect ini kan ya drpd #sehalubersama 😂😂😂
  • oliviaadyaYa kaliiii…. kl org niat jahat mah ga bakal jg dia ngetweet blak”an gt 😓 #savehaikal
  • 837staHai teman lama. Salam buat adikmu ya. Tetap tambah dlm hadapi cobaan #SaveSultanHaikal
  • adillahendi#savehaikal 😍😍😍
  • keyla_azuraBtw itu namnya zero day attack kak, bang haikal udh kasih tau ke pihak ybs kalo udah ada bug, terus dikasih jangka waktu utk perbaiki sistemnya, kalo sampe hari yg ditentukan blm jg diperbaiki, bang haikal berhak untuk nge eksploitasi web itu. Jadi bang haikal ga salah sama sekali, dan dalam dunia hacking itu mah udah biasa.
  • adjie_rizkie#savehaikal
  • stupidhang99Mau sebaik apapun hukum tetap berjalan, dipikirlah rugi jutaan mungkin ya ga keitung lah, tapi kalo udah 4 miliar itu keterlaluan, ada banyak pihak dirugikan disini, duit 4 miliar itu ga sedikit, mau dipaksa temen atau apapun, masa bisa jalan tahun2an ketagihan itu namanya. Please think again
  • stupidhang99Pahami konstitusi ada orang orang yang dirugikan disini, nyari duit itu ga segampang ngebalikin telapak tangan.
  • shoe_4ddict#savehaikal
  • ernysetyowatiPagi ini berita haikal di tvone
  • andry.sulaiman12#Savehaikal
  • xsnowinnightxx#savehaikal
  • ayntm@shabrinajasmine indonesia ini ternyata buanyaaaak bangeeet loh orang pintar dan hebat nya contohnya seperti adik kamu .. sebagai hacker itu gak semua orang bisa dan mampu karena memang sangat sulit sekali apalagi dengan keamanan teknologi sekarang, saya tau krn saya juga skolah di IT .. harusnya seperti haikal itu didukung, dilindungi bahkan di pekerjakan saja di ahli IT nya indonesia .. pasti malah bisa bantu negara dan jadi orang hebatnya Indonesia .. apalagi hanya lulusan sd, mampu seperti haikal itu keajaiban .. yah semoga berita ini segera selesai dan tidak merugikan pihak manapun ..
  • nhapsari22Iy saya akui adik mba pinter tapi hukum tetap harus di tegakkan ya demi keadilan
  • gabrieldiyangHALAAH. HACKER PINTER GIMI HARUSNYA DI REKRUT BIN SBG HUKUMAN DIA, NGABDI SM NEGARA BUKAN DI MASUKIN PENJARA (disia2kan).
Akun Twitter SH
Akun Twitter SH
Sisi Lain Si Hacker Ganteng, Sultan Haikal

Shabrinajasmine juga memposting  bahwa adiknya Haikal adalah seorang “Hacker putih” kepada ayahnya.

Haker yang mengaku membawa label “Crew gantengers” itu mendapatkan uang dari jasa pengamanan situs.

“Intinya itu hanya hacker putih,”  ujar ayah Haikal, Kamal, di pos satpam sebuah perumahan di Gintung, Tangerang Selatan, Minggu (2/4).

Kamal menyebut satu istilah untuk hacker putih itu, tapi dia tak ingat apakah namanya kerah putih atau topi putih. “Kerah putih atau topi putih saya nggak tahu,” Ungkap Kamal.

Hacker putih yang dimaksud adalah hacker jenis ini diketahui  hanya membobol situs untuk memberitahu pemilik situs tentang kelemahan sistem situs tersebut. Jadi tidak ada unsur mengeruk keuntungan pribadi. Definisi hacker white hat bertolak belakang dengan cracker yang bermaksud melakukan pencurian.

Dukungan netizen lainnya :

Dukungan moril netizen
Dukungan moril netizen

Bahkan, si Hacker ganteng Haikal juga mengaku uang yang diperolehnya sebagian ia sumbangkan kepada orang yang membutuhkan missal kepada para pengemis, dan orang tidak mampu.

“Ya Alloh..ini mantan pacar saya yang paling  dermawan, uangnya gak cm dia pake utk foya2. saya selama jd pacarnya. Dia selalu kasih uang ke orang2 yang membutuhkan..contohnya ke pengemis ngasih 3 jt,…ke tukang tukang apapunn yg bw gerobak ngasih 500/1 juta,,,, dan seterusnya.,

Testimoni sang pacar
Testimoni sang pacar

 

Pemeriksaan Polisi

Kendati demikian,  Hacker Ganteng Sultan Haikal tetap menjalani pemeriksaan kepolisian. Dirinya kemungkinan dijerat dengan UU ITE. Kepala Biro Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol  Rikwanto mengatakan  SH  terancam dikenakan pasal pencurian, serta Undang-Undang ITE atas perbuatannya itu, SH dan kawan-kawannya juga bisa dikenakan dengan Undang-Undang TPPU. “Dia berhasil buka itu, dia tunjukkan kepada junior-juniornya dan merupakan kebanggaan bagi dirinya.” Sutan Haikal bersama tiga pelaku lainnya berinisial MKU (19), ALS (19), dan NTM (27) berhasil membobol akses pada server PT Citilink Indonesia (www.citilink.co.id) akun milik PT Global Network, atau Tiket.com, sejak tanggal 11 sampai 27 Oktober 2016. Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 46 ayat (1), (2) dan (3) juncto Pasal 30 ayat (1), (2) dan (3) dan atau Pasal 51 ayat (1) dan (2) juncto Pasal 35 dan/atau Pasal 36 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 363 KUHP dan/atau Pasal 3, Pasal 5 dan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

(Bhq)

Comments

comments