Walikota Bandung Ridwan Kamil Resmikan Cibunut Berwarna

oleh -

AkzoNobel membantu mewujudkan mimpi pemuda karang taruna Cibunut Finest di Cibunut untuk membuat lingkungan tempat tinggal mereka lebih hidup dengan Cibunut Berwarna

BANDUNG – AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis global terkemuka serta produsen Dulux, kembali berkolaborasi dengan masyarakat dan karang taruna Cibunut Finest untuk inisiatif Cibunut Berwarna yang ditujukan untuk memperindah kawasan RW 07 Cibunut Kelurahan Kebonpisang Kecamatan Sumur Bandung melalui warna dan mural, sehingga memiliki wilayah dengan keunikan tersendiri.

lnisiatif yang diusung oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung Jawa Barat (IKA ITB Jabar) beserta komunitas lainnya seperti Alumni SMAN 3 Kota Bandung angkatan 1989 dan GSSI ini dimaksudkan untuk mempertegas identitas Cibunut sebagai kampung kreatif yang berwawasan lingkungan yang bisa menjadi kampung percontohan bagi kampung lainnya di Kota Bandung dan kota lainnya di lndonesia.

Pada peresmian hari ini, Senin (27/11/2017), Walikota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi upaya dan inisiatif para warga dan seluruh pihak yang terlibat. Ini merupakan inisiatif yang bagus dari para warga untuk ikut membuat Kota Bandung menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. Saya sangat menghargai upaya dan kerjasama dibalik inisiatif ini sehingga dapat terealisasikan. Semoga upaya ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya dan kota Bandung bisa menjadi semakin hidup melalui warna-warni yang ada di dalam kota,“ kata Ridwan Kamil.

Lebih lanjut dikatakan oleh Ridwan Kamil, “Saya sudah melihat logo Cibunut Berwarna ini, bagus, dipermanenkan saja menjadi singkatan Bersih, Berwibawa, penuh Warna,” usul Ridwan Kamil dan langsung disambut tepuk tangan warga yang antusias hadir meski selama acara peresmian diselingi cuaca hujan yang turun cukup deras.

“Terimakasih kepada Dulux yang mau berbagi sosialnya. Saya berharap ini untuk kemajuan semuanya,” pungkas Ridwan Kamil.

Anastasia Tirtabudi, Head of Brand & Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paint Indonesia), dikesempatan sambutannya mewakili Presiden Direktur PT ICI Paints, Jun de Dios, menyampaikan, “Kami sangat antusias dapat bekerjasama lagi dengan masyarakat kreatif Kota Bandung dan bangga dapat dipercaya untuk ketiga kalinya dalam penyediaan cat yang diperlukan dalam inisiatif yang luar biasa untuk membuat lingkungan perkotaan lebih hidup. Inisiatif ini sangat sejalan dengan upaya berkelanjutan AkzoNobel dalam mendukung talenta lokal serta komitmen kami untuk membuat kehidupan perkotaan lebih humanis lewat inisiatif Kota Humanis kami,” terangnya.

Dilanjutkan, “Kami percaya bahwa kekuatan warna dapat memperkaya hidup masyarakat serta membuat ruang tempat tinggal menjadi lebih berwarna, nyaman dan menyenangkan. Maka dari itu, kami berharap masyarakat dapat terinspirasi, merasa lebih dekat dengan lingkungan tempat tinggal mereka serta merasakan dampak positif dari kekuatan transformasi wama,” harapnya.

Cibunut Berwama ini berfokus pada kawasan RW 07 Kampung Cibunut yang berlokasi di Jalan Sunda dan terdiri dari 9 RT. Setiap RT memiliki warna masing-masing sebagai identitasnya berdasarkan tujuan dan inisiatif ini, yaitu memperindah lingkungan dan mempermudah orang dalam pencarian alamat berdasarkan warna rumah atau RT-nya.

Cibunutmap, bagian dari Cibunut Berwarna, kolaborasi AkzoNobel dan Cibunut Finest yang diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Senin (27/11/2017)

Dengan total wilayah dengan luas sekitar 28. 643 m2, sebanyak 4.500 liter cat Dulux digunakan untuk lebih dari 300 rumah. Selain itu, sebanyak 40 tembok rumah warga digunakan untuk pelukisan mural yang mengangkat tema keanekaragaman Indonesia, Bandung, teknologi & sains, tren & isu sosial di masyarakat serta pesan perdamaian. Inisiatif ini melibatkan lebih dari 2.000 peserta yang terdiri dari para warga Cibunut dan seniman mural Bandung, diantaranya Kang Alga.

Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung Jawa Barat, Arfi Rafnialdi yang hadir pada acara tersebut berkomentar, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan pemuda-pemuda Cibunut Finest dan AkzoNobel serta komunitas lainnya untuk mewujudkan lingkungan penuh warna ini. Dengan inisiatif ini, kami bersama-sama ingin menjadikan Kampung Cibunut sebagai pemukiman yang mementingkan aspek lingkungan, komunikasi dan kreatifitas. Seperti halnya AkzoNobel yang percaya pada kekuatan warna, kami juga percaya bahwa kekuatan sebuah kota ada pada warganya, komunitasnya. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, inisiatif ini tidak mungkin dapat terwujud tanpa dukungan mereka. Kami berharap dapat bekerja sama lagi di proyek-proyek serupa di kemudian hari,” ujarnya.

Arfi menambahkan, “Sebetulnya lingkungan warga yang kami tawarkan bukan hanya Cibunut, tapi yang menarik disini adalah warganya yang penuh inisiatif tidak menunggu dari pihak eksternal yang datang membantu. Jadi mereka punya keinginan dan semangat yang tinggi, mereka terus bergerak dan berinisiatif. Sekarang responnya positif, kemudian banyak yang dijalin dengan Cibunut ini,” tambahnya.

Cibunut Berwarna adalah bagian dari kampanye Let’s Colour Indonesia, yang merupakan upaya AkzoNobel untuk memberikan warna bagi Indonesia. Tahun lalu, AkzoNobel bekerja sama dengan komunitas Bandung untuk membuat mural di jalan Siliwangi yang merefleksikan nilai-nilai yang dijunjung dan diterapkan oleh warga kota Bandung. Selain itu, di awal tahun ini AkzoNobel memberikan dukungan kepada para warga yang tinggal di daerah Antapani untuk mewarnai lingkungan tempat tinggal mereka. [Rls/St]

Cibunut Berwarna, kolaborasi AkzoNobel dan Cibunut Finest yang diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Senin (27/11/2017).

Comments

comments