Taj Yasin Minta Masyarakat Dukung Pasien Jiwa yang Sudah Membaik

oleh -
Taj Yasin Minta Masyarakat Dukung Pasien Jiwa yang Sudah Membaik

SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengapresiasi kinerja Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah dalam menangani pasien sakit jiwa.

Berdasarkan data RSJD Amino Gondohutomo Januari-Mei 2022, jumlah pasien jiwa sebanyak 1.516 orang. Dari jumlah tersebut, lebih dari 70 persen pasien kondisinya membaik setelah menjalani perawatan.

“Saya senang sekali, tadi diberitahu pak direktur, kalau tingkat kesembuhan pasien jiwa disini, lebih dari 70 persen,” kata Taj Yasin usai meninjau ruang pelayanan RSJD Amino Gondohutomo, Jumat (10/07/2022).

Wagub menambahkan, RSJD Amino Gondohutomo tetap melakukan pemantauan berkala terhadap pasien jiwa yang sudah kembali ke keluarga. Namun, lanjutnya, pihak rumah sakit tidak mampu memantau 100 persen kepada para pasien.

Oleh karenanya, dia mengimbau keluarga dan masyarakat untuk terus memberikan dukungan kepada pasien jiwa. Tujuannya, agar para pasien yang sudah sembuh ini dapat segera kembali pulih.

“Yang menjadi masalah adalah bullying. Harus diterima tidak boleh diungkit lagi, ini kan sahabat, kawan kita tetangga kita, saudara kita. Syukur-syukur kalau bisa diberdayakan, ini harapannya. Sehingga tingkat stres ketika ada di lingkungan masyarakat bisa ditekan. Harapannya bisa sembuh lagi,” papar wagub.

Lebih jauh, Taj Yasin menegaskan pemerintah akan berupaya lebih keras lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain merawat pasien sakit jiwa, rumah sakit ini juga dioptimalkan untuk melayani perawatan umum lainnya.

“Ini adalah (RS) milik negara kita bagaimana memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Ini yang saat ini kita jamin di RS Amino,” tandasnya.

Sebelumnya, Taj yasin menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Baitussakinah di komplek RSJD Amino Gondohutomo. Dalam khutbahnya, wagub meminta masyarakat untuk menjadi lebih sabar dalam menghadapi ujian dari Allah SWT.***

Comments

comments