Sub 17 Sektor 21 Satgas Citarum Bersihkan Sampah Di Konstruksi Tiang Jembatan Sungai Citarik Desa Langensari

oleh -
Sub 17 Sektor 21 Satgas Citarum Bersihkan Sampah Di Konstruksi Tiang Jembatan Sungai Citarik Desa Langensari

KAB. BANDUNG – Personel Sub 17 Sektor 21 Satgas Citarum Harum bersama dengan warga pelopor kebersihan melaksanakan giat pembersihan dan perawatan daerah aliran sungai yang dilaksanakan di Sungai Citarik yang berlokasi di Kampung Paneureusan, Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk, (3/1/2022).

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan pembersihan timbulan sampah dan sedimentasi yang menyangkut di tiang jembatan Sungai Citarik yang berada di Kp Paneureusan RT 02 RW 11, Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk,” terang Serma Agus Sumarna.

Kegiatan yang dilakukan selepas apel pengecekan personil dan materil tersebut, menggunakan peralatan manual dan berhasil mengumpulkan sampah organik dan anorganik sebanyak 24 karung yang didominasi ranting kayu dan bambu.

“Ini kita laksanakan untuk antisipasi kelancaran aliran sungai dan agar sampah tidak menumpuk di pintu air Adimaja,” sebut Agus Sumarna.

Sepanjang musim penghujan kali ini, diakui oleh Agus Sumarna bahwa sampah rumah tangga cukup berkurang dibandingkan sebelumnya. Hanya saja sampah organik volumenya fluktuatif yang disertai dengan sedimentasi.

“Ya, kita lihat bersama sampah ranting kayu dan bambu ini masih mendominasi. Kita angkat sampai bersih,” ujarnya.

Harapan juga disampaikan oleh Serma Agus Sumarna kepada warga masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap kebersihan dan kelestarian sungai.

“Kita mengingatkan lagi kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air atau sungai, karena dampaknya selain mengotori sungai juga berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat, antara lain persoalan kesehatan dan banjir,” harapnya.

“Insyaa Allah jika sungai terjaga kebersihannya, akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” pungkas Dansubsektor 21-17/Solokanjeruk Serma Agus Sumarna.

Comments

comments