Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz Kodam Siliwangi Siap Diberangkatkan

oleh -
Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz Kodam Siliwangi Siap Diberangkatkan

BANDUNG – Kodam III/Slw menggelar upacara penutupan Latihan Pratugas Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz untuk wilayah Papua, bertempat di Gedung Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelat, Kabupaten pGarut, Jabar, Senin (28/2/2022).

Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan, pada pelaksanaan penutupan latihan tersebut Danrindam III/Slw Kolonel Inf Lukman Hakim selaku Irup mewakili Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Dalam amanat Pangdam III/Slw, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menyampaikan bahwa dalam penugasan nanti di Papua masalah yang dihadapi tidak jauh berbeda dengan kondisi latihan yang telah dijalani.

“Oleh karena itu, perlu improvisasi dan kreasi yang tinggi mengingat kondisi yang dihadapi di lapangan akan sedikit berbeda dengan saat latihan, terutama berkaitan dengan perbedaan kondisi alam, suku, rasa, adat istiadat dan budaya, serta agama,” katanya.

Sementara dalam penekanan Pangdam kepada personel yang akan melaksanakan tugas di Papua, perlunya kerja keras Satgas agar keberhasilan tugas dalam operasi diharapkan melaksanakan seperti yang dilakukan di daerah latihan, sehingga berhasil di daerah operasi nanti. Namun, faktor keamanan yang harus diperhatikan dalam penugasan nanti.

Lanjut Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menyampaikan bahwa, Pangdam III/Slw memberi apresiasi kepada peserta latihan Pratugas. Pasalnya dalam penilaiannya, direktif latihan Pratugas telah dapat diaplikasikan di lapangan dengan baik, khususnya taktik pertempuran melawan KST (Kelompok Sparatis dan Teroris).

Selain itu, karena berhasilnya menciptakan Kampung Pancasila, dimana masyarakat begitu antusias dan tumbuh kecintaannya terhadap TNI AD serta meningkatnya semangat Nasionalisme masyarakat terhadap Negara. Hal tersebut menjadi tolak ukur bahwa Latihan Pratugas ini telah berhasil, ujarnya.

“Selamat atas keberhasilan dalam latihan dan keluarga besar Kodam III/Slw mengucapkan selamat bertugas di Papua, juga keberhasilan dalam tugas operasi kami nantikan,” harapnya. ****

Comments

comments