Satgas Citarum Sektor 21-13 Bersihkan Sampah Di Sungai Cimahi Kampung Ujung

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21-13 Bersihkan Sampah Di Sungai Cimahi Kampung Ujung

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat korve rutin membersihkan permukaan sungai.

Kegiatan selepas patroli dan apel pengecekan personil tersebut adalah pengangkatan sampah yang berada di Sungai Cimahi.

“Giat Satgas Sektor 21-13 Kota Cimahi¬† melaksanakan apel pagi dilanjutkan patroli ke 5 sungai, yakni Sungai Cimahi, Sungai Cikendal, Sungai Cibaligo, Sungai Cibabat, dan Sungai Ciujung,” jelas Serka Lilik Pudji Widodo.

“Kemudian dilanjutkan korve di salah satu lokasi anak Sungai Cimahi RT 01 RW 09, Kampung Hujung, Kelurahan Utama,¬† Kecamatan Cimahi Selatan,” terangnya.

Tampak di lokasi korve sebelum dibersihkan, ada tumpukan tumpukan sampah rumah tangga yang mengendap di permukaan sungai juga tanaman liar yang tumbuh subur di bantaran.

“Aliran sungai yang dibersihkan sepanjang kurang lebih 80 meter, dan sampah yang berhasil dikumpulkan dan dimasukan dalam karung ada sekitar 120 kg,” ungkap Serka Lilik.

Usai korve dan ishoma, anggota satgas kemudian melaksanakan tugas rutin lainnya yakni komunikasi sosial kepada warga masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai.

“Setelah korve dan istirahat makan dan sholat, kami melaksanakan komsos secara door to door kepada warga masyarakat di RT 01 RW 09, Kampung Ujung. Penyampaian kami supaya warga masyarakat senantiasa selalu menjaga kebersihan lingkungan dan dilarang membuang sampah ke sungai,” terang Serka Lilik.

Selain penyampaian pesan untuk menjaga kebersihan lingkungan, anggota Satgas juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat agar mengikuti arahan pemerintah terkait 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjaga imun tubuh) untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Ya, kami juga menyampaikan agar warga tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19, dan diingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan 4M,” pungkas Serka Lilik Pudji Widodo.

 

Comments

comments