Progress Pembangunan Sarana Sanimas Citarum Harum Di Desa Kutamandiri Capai 60 Persen

oleh -
Progress Pembangunan Sarana Sanimas Citarum Harum Di Desa Kutamandiri Capai 60 Persen

KAB. SUMEDANG,- Personel Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 15 melaksanakan giat pengecekan progress pembangunan sarana Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) atau SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat) di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Sarana Sanimas yang juga dikenal dengan sebutan septictank komunal tersebut, pekerjaan pembangunannya di Desa Kutamandiri yang dimulai pada bulan Juni 2021, kini telah mencapai sekitar 60 persen.

“Sanimas Citarum Harum di Kampung Babakan Bandung, Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, saat ini sudah mencapai kurang lebih 60 persen,” kata Serka Eri Krisyana, Senin (16/8/2021).

Adapun yang saat ini sedang dikerjakan adalah penggalian saluran pipa dan grease trap.

Kehadiran sarana Sanimas di Desa Kutamandiri, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan menekan pencemaran limbah domestik dialiaran sungai.

“Ya, tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan lingkungan masyarakat,” terang Serka Eri.

“Mudah-mudahan sarana yang sedang dibangun ini setelah rampung dapat segera terasa manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya.

Direncanakan sarana Sanimas Citarum Harum di Desa Kutamandiri yang dilaksanakan oleh kelompok swadaya masyarakat didampingi TFL Sanimas ini akan mengintegrasikan lebih dari 75 sambungan rumah.

Comments

comments