Prajurit TNI Latihan Malam, Masyarakat Merasa Aman

oleh -
Prajurit Latihan Malam, Masyarakat Merasa Nyaman

PANDEGLANG – Gerak Malam bagi TNI AD bukan hal yang aneh, namun kemampuan tersebut harus tetap terpelihara dan selalu dilatihkan secara terus menerus. Gerak malam merupakan suatu tata cara bergerak dalam kondisi gelap gulita dan bersifat rahasia.

Menyikapi hal itu, Batalyon Infanteri (Yonif) 320/Badak Putih, melaksanakan latihan “Gerak Malam” yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajuritnya.

Kegiatan latihan malam tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi di Kantor Pendam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Kamis (17/3/2022).

Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan, kegiatan latihan malam ini sudah menjadi kewajiban, baik bagi prajurit Batalyon Tempur maupun Banpur, dan ini sesuai dengan perintah Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo kepada para Dansat jajaran Kodam III/Slw.

“Latihan gerak malam ini, salah satunya untuk melatihkan naluri tempur dan disiplin tempur, bergerak pada saat gelap dan tanpa menggunakan pencahayaan, menuju ke sasaran dengan rahasia dan melatih kepekaan prajurit harus dapat mendengar pergerakan lawan,” ujarnya.

Tak sampai disitu, lanjut Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menuturkan, dalam kegiatan yang dilakukan oleh Prajurit dari Yonif 320/BP itu, sesampainya di sasaran yang telah ditentukan dilanjutkan melaksanakan Kamling Teritorial di Kampung Waas, Desa Tapos Cadassari.

“Kamling teritorial saat itu, dilaksanakan bersama masyarakat kampung yang sedang melaksanakan Siskamling. Selain upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar, Batalyon pun mempunyai kewajiban wilayah teritorial sekaligus upaya mempererat silaturahmi dengan masyarakat disekitar lingkungan Yonif 320/BP,” tukasnya.****

Comments

comments