Perangkat Desa Padamukti Gencar Imbau Prokes Dan Vaksin

oleh -
Perangkat Desa Padamukti Gencar Imbau Prokes Dan Vaksin
Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Puskesmas di Dusun III Desa Padamukti, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.

BANDUNG – Perangkat Desa Padamukti Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, saat ini gencar mengimbau warga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti kegiatan vaksin.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dusun III Desa Padamukti, Cucu (55) atau yang akrab dipanggil Abah Oray, saat dihubungi oleh sorotindonesia.com, (19/12/2021).

“Sebagai antisipasi, kita terus menerus menyampaikan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada warga masyarakat, termasuk para pedagang atau warung, yakni untuk rajin menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun, juga mengurangi mobilitas serta menjaga imun tubuh,” kata Cucu yang juga Ketua Puskesos Desa Padamukti.

Cucu, Kepala Dusun III Desa Padamukti, Kecamatan Solokanjeruk

“Sinergitas gugus tugas Covid-19 di Desa Padamukti ini insya Allah selalu solid untuk penanganan Covid-19 ini bersama aparatur terkait dan warga,” kata Kepala Dusun yang menaungi RW 6, RW 7 dan RW 8 Desa Padamukti ini.

Diungkapkan oleh Cucu bahwa pada saat gelombang kedua Covid-19, Desa Padamukti termasuk yang ikut terdampak.

“Saat itu ada sekitar tujuh warga kami yang meninggal dunia,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kepala Desa Padamukti bersama jajaran terus menerus melakukan langkah pencegahan.

“Alhamdulillah, saat ini kasusnya sudah melandai. Nol kasus. Sekarang adalah menggiatkan vaksin, termasuk untuk anak usia 6 sampai 12 tahun,” terangnya.

Ia pun merasa bersyukur dengan kesigapan Puskesmas bersama TNI dan Polri yang saat ini melaksanakan kegiatan vaksinasi sistem jemput bola di halaman rumah-rumah RW setempat untuk mengejar target vaksinasi agar segera terbentuk herd immunity.

“Sekarang vaksinasi dilakukan di rumah-rumah RW, untuk menjangkau warga yang belum divaksin. Ini sangat membantu bagi warga yang kesulitan untuk mengikuti vaksin di Puskesmas. Kebanyakan adalah lansia dan yang memiliki gangguan kesehatan. Alhamdulillah, untuk sekarang sekitar 80 persen lebih warga di Dusun III sudah divaksin,” beber Cucu.

“Semoga dengan begitu, warga kami terhindar dari fatalitas Covid-19,” harapnya.

Cucu juga mengapresiasi warganya yang hingga kini disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Saya acungi jempol untuk warga yang taat terhadap arahan pemerintah terkait protokol kesehatan. Ini tentunya semata-mata untuk keselamatan bersama agar daerah kita terbebas dari pandemi dan kegiatan masyarakat normal lagi,” pungkas Cucu.

Terpisah, Aben (49) warga Kampung Karanganyar RT 03 RW 08, Desa Padamukti, mengatakan bahwa ia mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Aben

“Saya apresiasi pemerintah yang sering mengingatkan untuk prokes,” kata penjual minuman lokal bajigur ini.

“Apalagi usaha saya ini sering dikunjungi tamu yang datang dari luar. Ya, prokes jadi penting,” tutupnya.

[St]

Comments

comments