Pentingnya Sertifikasi Ahli Muda K3 Konstruksi 

oleh -
oleh
Sertifikasi
Pj Bupati Murung Raya Dr Hermon Msi. Foto: adr

MURUNG RAYA, SOROT INDONESIA – Memahami tugas dan kewajiban dalam hal melaksanakan prosedur, sistem dan proses keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai undang-undang yang berlaku penting untuk dimiliki setiap sumber daya manusia yang ada khususnya di Kabupaten Murung Raya (Mura),menjadi dasar pentingnya sertifikasi K3.

Sehingga hal ini menjadi perhatian khusus pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya hingga beberapa waktu lalu telah menggelar Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Ahli Muda Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi.

Pj Bupati Murung Raya Dr Hermon Msi saat di wawancarai wartawan mengatakan hal tersebut dan mengharapkan para peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut dapat mengabdikan diri serta mengaplikasikan ilmu pengetahuannya di dunia kerja.

“Sertifikasi ini penting untuk dimiliki setiap personal dalam dunia kerja, guna pencegahan dan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Khususnya bagi daerah seperti Murung Raya khususnya yang sedang dalam proses pembangunan daerah,” kata Pj Bupati kepada sorotindonesia.com, Jumat (1/12/2023).

“Salah satu kunci dalam rangka meningkatkan daya saing daerah adalah dengan pengembangan sumber daya manusia. Kemajuan ditentukan oleh keberhasilan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, di mana manusia senantiasa mengembangkan diri sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan zaman,” ungkapnya lagi.

Demikian halnya dengan masyarakat jasa konstruksi, pembangunan infrastruktur saat ini memiliki banyak tantangan diantaranya masih sangat dibutuhkan tenaga ahli konstruksi yang memiliki kompetensi daya saing yang tinggi, sehingga dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak dan mampu menghasilkan karya infrastruktur yang berkualitas dan tepat guna.

Hermon kembali menambahkab kegiatan tersebut menjadi momentum penting dalam memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, khususnya disektor konstruksi.

“Kegiatan Bimtek dan Sertifikasi ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai konsep K3 Konstruksi, strategi identifikasi risiko dan langkah-langkah pencegahan. Saya berharap melalui pembelajaran ini, kita dapat menjadi agen perubahan di tempat kerja maisng-masing dan membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat,” pungkas nya. (adr)

Comments

comments