Pemdes Tengkajau Gandeng Banser Salurkan BLT Dana Desa

oleh -
Pemdes Tengkajau Gandeng Banser Salurkan BLT Dana Desa

SorotIndonesia.com , Kab. Melawi – Pemerintah Desa Tengkajau menggandeng Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dalam mengawal penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua. Bantuan ditujukan kepada warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19 Desa Tengkajau Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat yang dilaksanakan oleh

Pj. Kepala Desa Tengkajau Rusdiman mengatakan, penyaluran bantuan yang dikawal anggota Banser Kabupaten Melawi berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah penyaluran bantuan BLT-DD tahap kedua ini berjalan lancar. Total ada 56 (lima puluh enam) KK (Kepala Keluarga) yang tersebar di 4 (empat) Dusun sudah mendapatkan haknya,” kata Rusdiman pada Sorot Indonesia, Kamis (2/7/2020).

Rusdiman menuturkan, penyaIuran BLT-DD tahap kedua beda dari biasanya, sebab dalam penertiban penerima bantuan kali ini, pihaknya meminta pengawalan personil Banser Melawi. “Saya sengaja mengajak personil Banser karena saya yakin sebagai salah satu mitra dari kepolisian Banser juga bisa memberikan pendampingan dan pengawalan jalannya pembagian BLT-DD tahap kedua ini agar tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Melawi Mujahidun AR menyatakan, personil Banser selalu siap untuk memberikan penjagaan, pendampingan apalagi pengawalan, tidak hanya dalam momen keagamaan saja.

“Personil Banser tidak hanya siap menjaga dan mengawal para kiai, ulama dan momen-momen keagamaan saja. Namun bila diperlukan Banser juga siap dalam memberikan pengawalan lenyaIuran BLT Dana Desa. Ini merupakan bagian dari sumbangsih tenaga dari putra bangsa bagi negara,” terang Mujahidun.

Sambutan hangat diberikan kepada pemerintah desa dan Banser yang menyalurkan bantuan langsung ke rumah Ramin. Pri yang menjadi salah satu warga desa penerima manfaat bantuan itu menuturkan, masyarakat Tengkajau sangat menyambut baik kedatangan Banser di desanya. “Karena masyarakat tahu kalau selama ini Banser Nahdlatul Ulama ikut menjaga kerukunan Umat, bahkan dengan sukarela ikut jaga gereja, meskipun Banser identik dengan kiai dan agama Islam,” ungkapnya

Ia mengaku senang dengan perilaku kemanusiaan, pola keberagamaan dan akhlak yang ditunjukkan oleh organisasi kepemudaan NU tersebut. “Saya pribadi dan masyarakat senang dan tentu menyambut baik dengan pengawalan anggota Banser NU, karena mereka tidak pernah memilah-milih agama ketika ingin melaksanakan kegiatan sosial”, tuturnya.

Perlu diketahui, Desa Tengkajau Kabupaten Melawi merupakan salah satu Desa di Kecamatan Pinoh Utara yang masyarakatnya mayoritas beragama Nasrani. Meskipun demikian, masyarakat Tengkajau sangat mengapresiasi Kepala Desa atas inisasinya meminta anggota Banser Kabupaten Melawi untuk mengawal penyaluran dana BLT. (ARH)

Comments

comments