Pangdam III Siliwangi Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Renovasi RS Sariningsih

oleh -
Pangdam III Siliwangi Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Renovasi RS Sariningsih

Bandung,- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit (Rumkit) Tk. IV Sariningsih di Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 9, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021).

Pembangunan Rumkit Sariningsih ini dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan, karena sebelumnya ada keterbatasan kapasitas ruang perawatan serta fasilitas lainnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan pada kesempatan tersebut, “Dalam pelaksanaan pembangunan ini, Kodam III/Siliwangi mendapatkan dana hibah dari Provinsi Jawa Barat sebesar 55 milyar untuk merenovasi Rumah Sakit Sariningsih,” ucapnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di acara peletakan batu pertama pembangunan renovasi RS Sariningsih, Kota Bandung, (13/8/2021). [Foto: PenIII/Slw]
Adapun yang direnovasi, kata Pangdam, adalah Gedung rumah sakit dari 2 tingkat menjadi 5 tingkat yang meliputi penambahan ruang rawat inap dari 74 tempat tidur menjadi 139 tempat tidur, penambahan poliklinik dari 7 menjadi 14, penambahan ruang hemodialisa 6 tempat tidur, penambahan ruang CT Scan, penambahan ruang operasi dari 1 ruangan menjadi 3 ruangan dan penambahan ruang operasi mata.

Selain itu juga, sambungnya, adanya penambahan ruang UGD Covid sebanyak 14 tempat tidur, peningkatan instalasi pengolahan air limbah, pembenahan instalasi listrik modern, penambahan center oxygen gas medis, penambahan fasilitas farmasi, penambahan ruangan radiologi dari 1 ruangan menjadi 4 ruangan, peningkatan fungsi laboratorium dan penambahan lift sebanyak 2 buah.

“Renovasi Rumah Sakit ini berdasarkan konsep modern dan klasik yang diwujudkan dengan membangun gedung modern dan tetap mempertahankan 2 bangunan heritage sesuai petunjuk dan arahan yang disampaikan oleh Bapak Kasad,” papar Pangdam.

Pangdam berharap pembangunan ini berjalan dengan lancar, sehingga akan menjadi Rumah Sakit kebanggaan Kodam III/Siliwangi dan juga masyarakat Bandung. Selain itu, Pangdam juga mengakui, bahwa untuk di tahun 2022 Kodam III/Slw telah mengajukan dukungan dana hibah untuk pengadaan alat kesehatan dan pembangunan gedung parkir 5 tingkat kombinasi manual dan hidrolik sehingga dapat menampung 150 kendaraan.

“Sehingga tahun ini, status Rumah Sakit dari Type IV dengan pelayanan 8 spesialis dasar, menjadi rumah sakit Type III dengan 12 layanan spesialis dasar,” harapnya.

Lanjut Pangdam mengingatkan kepada Kontraktor, agar dapat menyelesaikan pekerjaan renovasi Rumah Sakit Sariningsih ini secara tepat waktu sesuai jadwal yang sudah dibuat yaitu akhir bulan Desember 2021, dengan standar kualitas yang sudah ditentukan.

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Sariningsih dihadiri Ketua Komite RSPAD Mayjen TNI Catur, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Darmono, Irdam dan Kapoksahli Pangdam III/Slw, PJU Kodam III/Slw, Kapendam III/Slw, Kakesdam dan Karumkit Dustira serta Dirut PT. Ina Hasta Mandiri.

Diakhir kegiatan, Pangdam III/Slw menunjuk Asrendam, Aslog dan Kazidam, agar membantu pembangunan ini dengan pengawasan ketat dan ikut membuat inovasi-inovasi di lapangan yang dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan ini, sehingga dapat tercapai sasaran secara tepat waktu, tepat jumlah dan tepat mutu.

Pangdam juga mengingatkan kepada Karumkit Rumah Sakit Sariningsih untuk melakukan langkah terobosan menyeluruh secara profesional, dengan tidak mengabaikan dalam masa Pandemi Covid-19 ini.

“Ingat Motto Prima, Peduli, Responsif, Ikhlas, Mandiri dan Antusias,” pungkas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

*****

Comments

comments