Pangdam III Siliwangi Hadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan PSBB

oleh -
Pangdam III Siliwangi Hadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan PSBB

Bandung,- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menghadiri rapat evaluasi pelaksanaaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang bertempat di Gedung Pakuan, Jalan Otista No. 1, Kota Bandung, Sabtu (25/4/2020).

Selain Pangdam III/Siliwangi, tampak hadir juga Kapolda Jabar Ŕudy Sufahriadi, Sekda Jabar, Ketua Komisi I DPRD, Aster Kasdam III/Siliwangi, Danpomdam III/Siliwangi, Waas Ops Kasdam III/Siliwangi.

Rapat evaluasi pelaksanaan PSBB dipimpin langsung oleh Gubernur Jabar H.M Ridwan Kamil yang pada kesempatan itu sekaligus menyampaikan, “PSBB 14 hari belum bisa 100 persen memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19, tetapi kita tetap berharap dan berdoa semoga PSBB di Bandung Raya menjadi contoh yang baik di negeri ini “.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ridwan Kamil, “Kita sudah menyepakati bahwa PSBB akan diperluas menjadi PSBB Provinsi non Metropolitan agar kontrol dari gugus tugas semakin mudah,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Ridwan Kamil, perlu dilakukan razia untuk menegur mereka yang tetap melakukan kegiatan kerja di wilayah Kota Bandung guna menekan arus kendaraan yang masuk.

“Perlakuaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) harus dilakukan dengan satu arah agar terjadi kekompakan untuk menekan pergerakan laju kendaraan. Selama PSBB, pembatasan antar wilayah harus sangat tegas agar masyarakatnya fokus melaksanakan kegiatan di wilayahnya saja, “ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Gubernur bahwa untuk pengetesan Covid-19 di Bandung Raya kedepan tidak akan menggunakan test darah lagi karena dinilai tidak akurat, nanti akan dilakukan dengan test SWAB.

Ridwan Kamil juga pada kesempatan itu menyinggung terkait bantuan pemerintah kepada warga masyarakat terdampak covid-19.

“Tolong sampaikan kepada masyarakat atau warga bahwa pintu bantuan pemerintah ada 9 pintu, jadi jangan khawatir tidak dapat. Hanya permasalahan waktu pendistribusiannya saja yang beda,” kata Ridwan Kamil.

Ia juga mengingatkan ukuran keberhasilan PSBB yang kini sedang diberlakukan di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Ukuran keberhasilan dari pelaksanaan PSBB 14 hari yaitu tidak adanya lagi maupun penambahan masyarakat atau warga yang terjangkit Virus Covid-19,” tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan teleconference dengan para pimpinan daerah di Bandung Raya yang terdiri Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang. (Pendam III/Siliwangi)

Comments

comments