Pandemi Covid-19, Desy Ratnasari : Masyarakat Harus Taat Protokol Kesehatan dan Mau Divaksin

oleh -
Pandemi Covid-19, Desy Ratnasari : Masyarakat Harus Taat Protokol Kesehatan dan Mau Divaksin

BANDUNG,- Kondisi pandemi Covid-19 yang turut melanda tanah air, berdampak pada berbagai aktifitas masyarakat. Banyaknya korban yang terpapar virus berbahaya ini, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dan regulasi guna menekan dan menanggulangi penyebaran Covid-19 ini. Diantaranya PSBB dan kemudian saat ini PPKM Darurat.

Menyikapi hal tersebut, pesohor sekaligus Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari, mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti aturan terkait protokol kesehatan dan PPKM darurat sesuai arahan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

“Protokol kesehatan harus terus dijalankan, sekaligus juga taat di masa PPKM darurat. Ini sesuai perintah Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan,” ujar Desy disela kegiatan vaksinasi massal yang digelar di Kantor DPW PAN Jabar, Kiaracondong, Bandung, beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan vaksinasi massal yang menyasar kawula muda dan masyarakat sekitar Kantor DPW PAN ini sendiri berlangsung tertib dan menerapkan protokol kesehatan, antara lain menjaga jarak satu sama lain.

Diceritakan oleh Desy Ratnasari yang kini juga duduk sebagai anggota DPR RI, saat dirinya melaksanakan perjalanan ke Kota Bandung, dirinya ikut diperiksa di pos penyekatan PPKM Darurat.

“Saya diberhentikan di penyekatan, lalu saya serahkan sertifikat vaksinasi saya, swab antigen saya, kartu nama ataupun KTP, kemudian boleh lewat. Alhamdulillah, kami sebagai kader-kader PAN, dalam kegiatan-kegiatan kami, wajib mengikuti aturan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Menurut Desy, PPKM Darurat akan terus diperpanjang oleh pemerintah, tergantung dari peran masyarakat juga.

“Mau diperpanjang atau tidak kalau masyarakat tidak berdisiplin (prokes) dan tren kasus covid-19 meningkat, maka hal itu akan dirasa percuma,” ucapnya.

Kedisiplinan dari masyarakat dalam menaati aturan dan protokol kesehatan selama PPKM darurat, kata dia, akan membawa kebaikan untuk semua orang.

Lebih lanjut dikatakan oleh Desy Ratnasari, masyarakat juga harus mau divaksin agar mempercepat terciptanya kekebalan kelompok. Sebab, vaksinasi juga menjadi upaya pemerintah untuk menghentikan penuralan virus corona.

“Ini (vaksinasi massal) merupakan kegiatan rutin kami yang berkelanjutan di seluruh kader-kader kita di Indonesia untuk mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat guna meningkatkan imunitas dan kekuatan masyarakat (herd immunity) serta menekan penyebaran Covid-19. Ini merupakan ikhtiar kita bersama,” kata Dessy Ratnasari dihadapan awak media, Minggu (18/7/2021).

Kondisi pandemi di tanah air ini juga diakui oleh Desy, berakibat komunikasi yang selama ini berjalan baik antar lembaga dan masyarakat menjadi kurang maksimal.

“Kami hanya berkoordinasi secara virtual. Tentunya dengan virtual berbeda, dampak emosional dan dampak kedekatan dibandingkan bertemu secara langsung dengan masyarakat,” pungkasnya.

Terkait dengan gelaran vaksinasi massal yang digelar oleh DPW PAN Jabar, mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, antara lain dari Pujanggamanik (15), salaseorang remaja yang menjadi peserta vaksin.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada ‘teh Desy (Desy Ratnasari) yang sudah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi ini, yang bisa membantu masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Comments

comments