Modus Mengaku Anggota Polri, Aris Tipu Perempuan Asal Sukaresik Tasikmalaya

oleh -
Modus Mengaku Anggota Polri, Aris Tipu Perempuan Asal Sukaresik Tasikmalaya
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Azshari Kurniawan menunjukan sejumlah barang bukti aksi kejahatan pelaku, Rabu (12/1/2022). [Foto: dok.ist]

KOTA TASIKMALAYA, (SI) — Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya Kota berhasil mengungkap kasus penipuan dengan modus mengaku sebagai anggota Polri. Pelaku bernama SWG (37) alias Aris Setiawan warga Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

SWG alias Aris Setiawan (baju orange), pelaku penipuan dengan modus mengaku sebagai anggota Polri.

Pada aksinya tersebut, pelaku melakukan penipuan terhadap korban berisial SH (35) warga Desa Sukapancar, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan, SH., S.I.K., M.Si.. mengatakan pada gelaran konferensi pers di Mapolres Tasikmalaya Kota bahwa korban mengenal pelaku melalui media sosial aplikasi jodoh sekitar bulan Juni 2021.

“Pelaku ini kepada korban mengaku sebagai Anggota Polri bagian Reserse,” ujar Kapolres, Rabu (12/01/2022).

Ditambahkan Kapolres, bahwa modus pelaku dengan menyakinkan korbannya mengaku sebagai Anggota Polri berdinas di Satuan Reserse Kriminal Polres Semarang, dan pelaku sering memakai baju dinas Reserse Dasi Merah dan Kemeja Putih dalam postingannya di media sosial.

“Modus pelaku berlanjut dengan meminjam uang dengan berpura-pura akan renovasi rumah, membeli handphone dan janji menikahinya, korban menderita kerugian sekitar 300 juta,” tambahnya.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Agung Tri Poerbowo, S.I.K., menambahkan bahwa korban dari si pelaku ini ada beberapa lagi dari daerah lain.

“Dari pengakuan tersangka, masih ada korban lain dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Korban warga Sukaresik ini melapor sekitar bulan Juni 2021 ke Polres Kota Tasikmalaya,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim juga menambahkan bahwa dari aksi kejahatan pelaku SWG alias Aris ini, pihaknya mengamankan barang bukti sebuah mobil sedan Mercedes Benz, satu sepeda motor Honda CBR 250R, Topi Polisi, Masker logo TNI-Polri, kemeja Putih dan Dasi Merah serta sebelas lembar bukti transfer.

“Tersangka SWG ini dijerat dengan pasal  378 KUHPidana dengan Ancaman Hukuman 4 tahun penjara,” tegasnya.(*)

Comments

comments