Kunjungi Kandang Menjangan, Taj Yasin Upayakan Penanganan Tempat Bersejarah Komplek Makam Mbah Suro dan Pesanggrahan

oleh -
Kunjungi Kandang Menjangan, Taj Yasin Upayakan Penanganan Tempat Bersejarah Komplek Makam Mbah Suro dan Pesanggrahan

SUKOHARJO – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mendorong dua tempat bersejarah di Markas Kopassus Kandang Menjangan agar dapat ditangani. Dua tempat tersebut adalah Komplek Makam Mbah Suro, dan Komplek Pesanggrahan.

Hal tersebut, disampaikan oleh Taj Yasin saat acara penyerahan bantuan ke Markas Grup 2 Kopassus/Kandang Menjangan oleh Polda Jawa Tengah, dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI, Selasa (05/09/2021).

“Saya tadi melihat, ada dua tempat yang perlu kita dorong di sini. Yang pertama heritage (Pesanggrahan) ini, nanti saya akan koordinasi dengan Dinas Pariwisata kami bagaimana menangani Heritage ini. Yang kedua, makam Mbah Suro, ini juga perlu diselidiki, perlu diangkat,” kata Taj Yasin, disambut tepuk tangan meriah prajurit Kopassus.

Menurutnya, keberadaan Makam di komplek pemakaman Mbah Suro perlu ditelusuri jejaknya. Sebab, hal ini akan menambah khasanah budaya dan sejarah di Jawa Tengah.

“Bagaimanapun juga, (mungkin) sosok Mbah Suro memiliki jasa besar terhadap NKRI. Perlu kita angkat, kita telusuri. Tadi kita juga bingung, tadi makam ini, makam siapa ya? Ya sudah pokoknya ini leluhur kita. (kita yakini) beliau memiliki andil besar dan jasa. Ini (nanti) akan saya sampaikan ke Dinas Pariwisata, Kebudayaan semoga ada jalan keluar secepatnya,” terangnya.

Selain itu, Taj yasin juga mengapresiasi sinergitas TNI dan Polri dalam menjaga keutuhan NKRI. Menurutnya, dengan melihat sinergitas tersebut, maka kebersamaan itu masih bisa tetap terjaga. Kekompakan juga masih terus ditingkatkan.

Menurutnya, berdasar sejarah, sebelum Indonesia merdeka ini Nusantara terdiri dari berbagai kerajaan. Taj Yasin mengungkap kalau dulu mendiang ayahnya sering menceritakan mengenai kehebatan Kerajaan Kartasura dalam melawan penjajah.

“(Namun) Runtuhnya karena penghianatan. Saya harap, kita komitmen, selalu dedikasikan (kinerja) untuk keutuhan negara,” tandasnya.

Terkait penanganan Covid-19, Taj Yasin juga mengapresiasi sinergitas TNI dan Polri. Menurutnya, TNI Polri sangat mampu mengatur strategi melawan Covid-19.

“(Hal ini) Menunjukkan bahwa TNI Polri memiliki insting yang kuat. Memiliki kecerdasan yang tinggi,” tutupnya.

Saat melakukan kunjungan ke Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Taj Yasin bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Rudiantoro, dan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, diajak mengelilingi komplek asrama Kopassus, Komplek Makam Mbah Suro, dan terakhir menuju ke area Pesanggrahan.*****

Comments

comments