Kukuhkan Relawan Baru, Sekda Harapkan Eksis Dengan Prinsip Kepalangmerahan

oleh -
Ketua PMI Kabupaten Batang, Ahmad Taufiq, saat mengukuhkan anggota baru KSR PMI Batang di aula markas PMI Batang. (dok)

BATANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang, Lani Dwi Rejeki meminta relawan Palang Merah Indonesia (PMI) tetap eksis dalam mengemban tugas dengan memegang prinsip kepalangmerahan.

“Saya sangat senang untuk pertama kalinya bisa bertatap muka dengan para relawan PMI,” kata Lani dalam siaran persnya, Jum’at (3/12/2021).

Penting diketahui, Lani Dwi Rejeki saat ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI Batang. Ia didaulat untuk menggantikan Nasikhin yang meninggal sebelum habis jabatan.

Untuk itu, saat Lani menyaksikan pengukuhan 30 orang anggota baru relawan Korps Sukarela (KSR) PMI di Aula Markas PMI Kabupaten Batang, dirinya juga mengingatkan kentralan PMI sebagai organisasi kemanusiaan.

“Saya juga berharap PMI tetap netral dan selalu berpegang pada 7 (tujuh) prinsip dasar kepalangmerahan,” tuturnya.

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq menyebut anggota baru KSR PMI sebagai generasi penerus bangsa yang terlatih dan harus memegang teguh tujuh prinsip dasar gerakan kepalangmerahan.

Mereka adalah generasi penerus bangsa. Untuk itu kami minta kepada 30 anggota baru yang telah menyelesaikan pendidikan dan latihan Korps Sukarela ini bisa benar-benar menjalankan prinsip-prinsip Kepalangmerahan di manapun berada,” ujar Taufiq menegaskan.

Dia mengingatkan, untuk menjadi relawan harus lulus dalam pelatihan dengan kompetensi materi pertolongan pertama, pertolongan keluarga, shelter, pendidikan remaja sebaya, dan dapur umum.

“Harapannya ketika terjadi bencana, kalian sudah siap untuk kita tugaskan, apalagi ini musim hujan dimana kabupaten Batang ada potensi longsor dan banjir,” ingatnya.

Kendati demikian, dia tetap berharap masyarakat tetap tenang dalam kondisi damai dan jauh dari musibah, “Semoga tidak ada bencana di kabupaten Batang pada musim hujan ini,” harapnya.

Selain mengukuhkan relawan, PMI Batang juga melakukan koordinasi kesiap siagaan menghadapi potensi bencana yang biasa terjadi ketika musim hujan, “Kita juga mengundang tiap kecamatan di Kabupaten Batang untuk berkoordinasi menghadapi musim hujan ini agar ketika terjadi apa-apa, pihak PMI yang berada di Kecamatan bisa cepat melaporkan dan berkoordinasi dengan PMI Kabupaten Batang,” tutupnya. (qq)

Comments

comments