FIFA Putuskan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Sepakbola U-20 Tahun 2023

oleh -
FIFA Putuskan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Sepakbola U-20 Tahun 2023

JAKARTA – Organisasi olahraga sepakbola dunia, FIFA, akhirnya mumutuskan untuk membatalkan dan menghapus Indonesia sebagai tuan rumah turnamen Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh FIFA dalam laman resminya yang diunggah pada hari, Rabu (29/3/2023).

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023™,” tulis FIFA dalam unggahannya tersebut.

Namun tidak ada penjelasan yang lebih rinci terkait dengan keadaan saat ini yang menjadi sebab Indonesia batal jadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia Sepakbola U-20 tahun 2023.

Diduga adanya pro kontra di tanah air atas kehadiran timnas Israel nantinya ke Indonesia menjadi bahan pertimbangan bagi FIFA untuk memindahkan gelaran putaran final Piala Dunia U-20 itu dari Indonesia ke negara yang lain.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen tetap tidak berubah,” tulisnya.

Terkait sanksi kepada PSSI, FIFA menyebut akan dilakukan dan diputuskan pada tahapan selanjutnya.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya”.

Namun demikian, FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pasca tragedi (Kanjuruhan) yang terjadi pada Oktober 2022.

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI dibawah kepemimpinan Erick Thohir,” jelasnya.

Diterangkan lebih jauh bahwa pertemuan antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.***

 

Comments

comments