Dukung Citarum Harum, Ratusan Anak Sekolah Pungut Sampah Di Jalan

oleh -
Dukung Citarum Harum, Ratusan Anak Sekolah Pungut Sampah Di Jalan

SUMEDANG, sorotindonesia.com,- Ratusan siswa sekolah dari MTs Yasta Bunter, SMA Cimanggung, SMP Bunter dan SD Bunter I, pada hari Kamis (17/1/2019), melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan bertajuk gerakan pungut sampah di sekitar area RW 03, RW 05, RW 06, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih, para siswa dan guru berkumpul di MTs Yasta untuk diantaranya mendengarkan arahan dari jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang.

“Ayo, kita tingkatkan budaya bersih, siswa yang hadir disini saat ini menjadi pelopor. Supaya lingkungan rumah kita tidak ada lagi sampah berserakan, tidak terjadi lagi banjir dan tidak ada lagi pencemaran ke sungai,” ujar Dansubsektor 21-15 Sertu Eri K memberi semangat kepada ratusan siswa yang hadir memadati lingkungan sekolah MTs Yasta Bunter.

Dansubsektor 21-15/Sumedang Sertu Eri K saat memberikan arahan kepada para siswa di MTs Yasta Bunter sebelum melaksanakan giat gerakan pungut sampah, Kamis (17/1/2019).

Kegiatan bersih-bersih di wilayah yang dilewati Sungai Cimande ini selanjutnya dimulai pada pukul 08.00, setelah pembagian wilayah tugas.

Para siswa yang berjalan secara berkelompok, disertai anggota satgas, guru dan warga tampak antusias memunguti sampah yang tersebar di sepanjang jalan yang dilewati. Sampah yang terkumpul, lalu dibawa ke bak sampah yang terletak di RW 03.

Karya bakti ini selesai dilaksanakan sekitar pukul 11.00 WIB. “Citarum…!” teriak Sertu Eri yang dijawab kontan oleh para siswa, “Harum..!”.

Dansubsektor yang akrab disapa Sertu Erik saat memberikan keterangannya kepada wartawan menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan antara satgas dan pihak sekolah ini merupakan bentuk bagian sosialisasi kepada warga masyarakat sejak usia dini.

“Setelah anak-anak melaksanakan giat bersih-bersih, lalu diberi makanan ringan, bungkus makanan yang sudah dikonsumsi selanjutnya dibuang oleh anak-anak ke tempat sampah yang disediakan. Saya kira itu kebiasaan baik yang harus terus ditumbuhkan agar ada disiplin dan menjaga lingkungan tetap bersih,” kata Erik.

Kegiatan para siswa dalam bentuk karya bakti dengan bersih-bersih lingkungan ini juga mendapat sambutan yang baik dari pihak sekolah.

“Ini merupakan kegiatan edukasi agar seluruh siswa ikut memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan, baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun lingkungan disekitarnya,” ucap Dede dari MTs Yasta Bunter.

“Kapanpun untuk diminta kerjasama dengan Satgas dalam bentuk edukasi dan sosialisasi, kami siap,” tegasnya.[St]

 

Comments

comments