Disarpus Kab. Mura Tingkatkan Budaya Minat Baca

oleh -
Minat Baca
Dr. Yulianus Victor Rimey, M.Pd Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kab. Murung Raya saat ditemui diruang kerjanya, Jum'at (3/3).

Murung Raya,  sorotindonesia.com РPrestasi yang baik dari Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (Disarpus) Kabupaten Murung Raya mulai menunjukan peningkatannya, pasalnya ini terlihat dari tingkat kunjungan masyarakat yang datang ke Perpustakaan Daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Murung Raya ini dari 5 Р10 orang tiap harinya di tahun 2016 namun di tahun 2017 ini sudah berkisar antara 30 -95 orang kunjungan ke Perpustakaan Daerah.

Hal ini disampaikan Dr. Yulianus Victor Rimey, M.Pd yang juga Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kab. Mura mengatakan,”Program Perpustakaan Daerah kita mempunyai langkah-langkah khusus untuk bagaimana meningkatkan minat baca pada semua kalangan, pertama kita bekerja sama dengan sekolah-sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA mereka kita jadwalkan dari hari Senin sampai dengan Sabtu secara bergantian dan setiap hari ada dua sekolah yang kunjungan ke perpustakaan kita ini”, katanya, Jum’at (3/3).

Minat Baca

“Untuk PAUD, orang tua yang mengantarkan anak-anaknya bisa sambil membaca di ruang baca khusus orang tua. Di Perpustakaan Daerah kita sudah mempunyai pustakawan atau koordinator yang berlatarbelakang guru, jadi setiap pengunjung yang ingin berkonsultasi tentang ketersediaan buku yang ada di Perpustakaan Daerah ini bisa langsung menanyakan dengan petugas kita” paparnya.

Layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Daerah Kab. Murung Raya untuk pengunjung diantaranya layanan internet gratis, peminjaman buku, dan mobil keliling. Di perubahan anggaran nanti rencananya akan mengusulkan anggaran untuk penambahan fasilitas yaitu Perpustakaan Digital yang terkoneksi internet, sesuai dengan program pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya yaitu peningkatan budaya membaca dan penataan arsip yang berkualitas demi tercapainya program pemerintah yaitu Mura Cerdas.

Program untuk peningkatan pelayanan dilingkup perpustakaan, kita akan mengadakan sosialisasi perpustakaan bagi pengelola dalam bentuk latihan singkat pengelolaan perpustakaan arahnya untuk perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa, yang keluar kita mempunyai program kerjasama dengan Perpustakaan Republik Indonesia mereka disana akan dilatih bagaimana mengelola perpustakaan untuk masing-masing posisi seperti di Costumer Service (CS), petugas ruang referensi, petugas ruang anak, petugas ruang umum, dan petugas mobil keliling.

Yulianus pun menambahkan, “kami melayani semua pengunjung Perpustakaan Daerah secara gratis, bahkan kami menyediakan dispenser air panas dan dingin serta air minum kemasan bagi para pengunjung yang datang ke Perpustakaan Daerah kita ini”, pungkasnya. (yud/fss)

Comments

comments